Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here

Authors

  • Putri Imarotul Fitriah Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Bambang Yulianto Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925

Keywords:

Keterampilan Komunikasi dan Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH).

Abstract

Dalam pembelajaran disekolah para guru harus berinovasi dalam hal mengajar dan bisa menjadikan peserta didik lebih terampil ketika berbicara dikelas, dalam hal menyampaikan pendapat, berdiskusi dan presentasi didepan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengwtahui hasil peningkatan keterampilan komunikasi melalui penerapan metode Everyone Is A Teacher Here kelas III di SD Negeri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya yaitu siswa kelas III SD Negeri. Objeknya yaitu keterampilan komunikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, antara lain: (1) Hasil penelitian aktivitas guru siklus I adalah 80% dengan kategori berhasil, sedangkan siklus II adalah mencapai 94,5% dengan kategori sangat berhasil; (2) Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I adalah 86,5% dengan kategori sangat berhasil, sedangkan siklus II adalah mencapai 90% dengan kategori sangat berhasil; (3) hasil pembelajaran peningkatan keterampilan komunikasi  siklus I adalah 50% berada dikriteria tuntas, sedangkan siklus II adalah 83,33% berada dikriteria tuntas karena sudah melebihi nilai ketuntasan klasikal yakni ≥ 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here (ETH) dapat  meningkatkan kualitas keterampilan komunikasi  siswa kelas III di SD Negeri.

References

Diah, A. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa sebagai Fungsi dari Teknik Instruksi Diri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 86–96. https://doi.org/10.17977/um001v2i32017p086

Diani. (2013). IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHERHERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01. Skripsi. Universitas Negeri Malang

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, F. I. (2013). IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01.

Herawati, S. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran di SMK Kartika 1-2 Padang. Administrasi Pendidikan, Januari 20.

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744

Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Fungsi Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar Pada SMP Negeri 3 Sindue), 3(2), 168–173. https://doi.org/10.14710/interaksi,3,2,168-173

Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313

Maryani. (2015). No TitleÉ?__. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Maulana, Y. (2018). 3) 1),2),3). Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 124–132.

Milawati. (2014). METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMAN 1 MARAWOLA Everyone is Teacher Here Method on Chemical Bonding at the Tenth Grade Students of SMAN 1 Marawola. Jurnal Akademia Kimia, 3(May), 309–316.

Nurmalasari, L. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4436

Ryan, M., Utari, S., & Feranie, S. (2015). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa SMP Pada Pembelajaran dengan Strategi Reading Infusion dan Penggunaan Socrative. Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/jps.v3i1.4834

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015.

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546–555. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925