Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita

Authors

  • Denis Yulian Alfianto Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.30338

Keywords:

Keterampilan Menulis, Karangan Sederhana, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Video Animasi Flash

Abstract

Keterampilan menulis di sekolah dasar masih sangat rendah hal ini disebabkan oleh penerapn model pembelajaran yang monoton serta pengunaan media yang tidak efektif. Peneliti ingin bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture berbasis video animasi flash untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN yang berjumlah 15 siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 4 siswa atau 26,70%. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I yaitu mencapai 10 siswa atau sebesar 66,70% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu mencapai 14 siswa atau 93,33%. Jumlah peningkatan siswa yang mencapai KKM pada pra siklus dan siklus II meningkat sebanyak 10 siswa atau 66,70%. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas juga meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa lebih bersemangat, antusias, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran menulis. Selain itu, siswa juga menjadi lebih termotivasi untuk menulis karangan.

References

Abu, S. H. N., & Hamsyah, E. F. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Kelas VII SMPN 18 Makassar Studi pada Materi Pokok Asam, Basa dan Garam. Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 17(2), 12–18.

Agustina, M., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5), 11–19.

Agustini, P. P., Kristiantari, M. . R., & Putra, D. K. N. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 8 Sumerta. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7265.

Ahmad, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Bina Bersaudara Medan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 44–59.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. PT Rajagrafindo Persada.

Hartiti, R. (2014). Penerapan Media Animasi Flash dalam Pembelajaran Motif Batik Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Menganti. Jurnal Seni Rupa, 1(1).

Hasmi, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 423–428. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096.

Heriyanto, H. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 10. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.52.

Israwati. (2017). Kesulitan Guru PAUD Dalam Menggunakan Media Audio Visual Pada Kegiatan Pembelajaran di TK Pertiwi Banda Aceh. Serambi Akademica, V(1), 53–63. http://jurnal.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/289/271.

Kusumayanti, N. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494.

Pangestu, G., Nasution, S. A., & Efendi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Minat Belajar IPS Siswa. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1681.

Paramartha, I. M. D., Suniasih, N. W., & Negara, I. G. A. O. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7137.

Pebriana, G. R., Dibia, I. K., & Renda, N. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Universitas Pendidikan Ganesa. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/9861/6272.

St., K., & Saliadin, L. (2016). Penerapan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B DI MIN Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/506/492.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144.

Telussa, R. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi pada Konsep Mobilitas Sosial Di Pkbm Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue2year2020.

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1), 80–91. https://doi.org/https://www.ejournal.stkipbb.

Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 226–241. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3027.

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 6. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JPD.0101.01.

Yesica, D., & Rosmaini. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/ 2017. Basastra, 6(2), 93. https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6380.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

Alfianto, D. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita. Journal of Education Action Research, 5(1), 33–39. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.30338