Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Inquiri pada Materi Metode Ilmiah

Authors

  • I Putu Gede Anom MA Negeri 1 Kuta Utara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31062

Keywords:

inquiri, penelitian, hasil belajar peserta didik

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena banyak guru mengajar tanpa membawa persiapan sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inquiri terhadap hasil belajar kimia kelas X IPA 4. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 yang berjumlah 42 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia kelas  X IPA 4 semester 1 SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Awalnya rata-rata 54,26, Siklus I naik menjadi 66,21 dan  pada Siklus II naik menjadi 81,31. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia kelas X IPA 4 semester 1. Implikasi penelitian ini memberikan dampak meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, siswa dapat bekerja sama satu sama lain sehingga model ini dapat meningkatkan hasil belajar Kimia.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Al-Tabani (2014: 80)

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kunandar.2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Suyadi. 2010. Pemaduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Slavin, Robert E. 1995.Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice.Boston: Allyn and Bacon.

-------. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Redaksi Focus Media. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Bandung: Focus Media.

Tim Redaksi Fokus Media. 2006. Himpunan Perundang-Undangan dan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Bandung: Focus Media.

Uno, B. Hamzah, et. al. 2001.Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian.Jakarta: Delima Press.

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-inkuiri-inquiry-learning/ diakses pada 31 desember 2020

https://www.msyarifah.my.id/metode-pembelajaran-inquiry/#:~:text=Strategi%20 pembelajaran%20inquiry%20adalah%20rangkaian,dipertanyakan%20(Sanjaya%2C%202009). diakses pada 31 desember 2020

Downloads

Published

2021-01-12

How to Cite

Anom, I. P. G. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Inquiri pada Materi Metode Ilmiah. Journal of Education Action Research, 5(1), 118–125. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31062