Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI

Authors

  • Rosita Sitorus SMA Negeri 1 Padang Bolak Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31522

Keywords:

bimbingan Kelompok, sopan santun

Abstract

Guru seringkali mendapati siswa yang sopan santunnya kurang, khususnya saat bertemu dengan guru, saat berpapasan dengan guru, siswa cenderung tidak memberikan sapaan atau salam, bahkan juga tidak menoleh ataupun memberikan senyum. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan sopan santun siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 1 Padang Bolak kelas XI MIA 2 pada semester genap. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket sopan santun. Analisis data menggunakan membandingkan nilai rata-rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan sopan santun siswa kelas XI MIA2  SMAN. Pada siklus I rata-rata tingkat sopan santun siswa yaitu 34,05 yaitu sebanyak 70,93%. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata sikap sopan santun siswa 39,16 yaitu sebanyak 81,58%. Peningkatan nilai sopan santun dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 10,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun siswa SMA N.

References

Candrawati, M., Tri, A. H., & Muhammad, K. (2018). Implementation of Discipline and Politeness Value and Their Relevancies Toward Social Attitudes of Elementary Students. Jurnal Profesi Keguruan, 2012. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/18547/9311

Dewi, A. C. K., Suandi, N., & Martha, N. (2013). Tuturan Remaja di Kalangan Pelajar Anak Multietnis (Indonesia-asing) pada SMP Swasta Se-kecamatan Kuta, Badung: sebuah Kajian Kesantunan dalam Tindak Tutur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(2). https://media.neliti.com/media/publications/206967

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36

Farhatilwardah, Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Xi. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 12(2), 114–125. https://doi.org/:http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114 KARAKTER

Kurniawan, A. R., Chan, F., Pratama, A. yohan, Yanti, M. T., Fitriani, E., Mardani, S., & Khosiah. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ips, 9(2), 104–122. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.189

Lusianty, M., Marmawi, R., & Miranda, D. (2010). Peran orang tua dalam menerapkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di ketapang. 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/37369/75676583880

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 1, 301–310. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/viewFile/1410/734

Putra, F. R., Imron, A., & Bentyy, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 182–191. http://journal2.um.ac.id/index.php/jampI

Rismawati, Jahada, & Arifyanto, A. T. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kendari. Jurnal Bening, 3(2), 101–108. http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/download/10704/7523

Silondae, D. P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/download/2717/2505/

Siregar, M. D. (2015). Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Sebuah Studi Persepsi). Jurnal Educatio, 10(1). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/download/97/75

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara dengan Teman Sebaya Melalui BImbingan Kelompok. E-Journal Mitra Pendidikan, 01(1), 112–124.

Thahir, A., & Hindriyanti, B. (2014). Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Konseli : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 1, No(2), 55–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/671

Wati, I. A. A. (2018). Layanan Bimbingan Dan Konseling Pribadi Sosial Dalam Menumbuhkan Sikap Positif Siswa. Al-Tazkiah, 7(2), 91–111. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v7i2.655

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Sitorus, R. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI. Journal of Education Action Research, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31522