Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Putu Wahyuni SMP Negeri 2 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31554

Keywords:

Pembelajaran Berbasis STEM, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar IPA yang rendah disebabkan karena guru kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMPN. Penelitian ini merupakan Penelitain Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan penerapan dengan pembelajaran berbasis STEM. Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan pada awal pengamatan nilai rata-ratanya hanya 44,26, pada siklus I menjadi 75,44 dan siklus II naik menjadi secara signifikan menjadi 92,65. Daya serap dan Ketuntasan Hasil belajar pada pengamatan awal (observasi) sebelum dilakukan tindakan adalah 44,26% dan 14,71%, siklus I menunjukkan daya serap dan ketuntasan kelas menjadi adalah 75,44% dan 76,47% yang berada pada kategori sangat tinggi sedang pada siklus II daya serap dan ketuntasan kelas meningkat pesat menjadi 92,65% dan 100%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Implikasi penelitian ini memberikan dampak menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.

Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD, 189–197.

Bahrum, Wahid, & Ibrahim. (2018). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 645–654. https://doi.org/https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i6/3027.

Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.816

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Febriana. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8891/pdf.

Hartanti, H., Fidiyanti, N., Ruhimat, M., & Winarti, M. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning.

Heldisari, H. (2020). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze Terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28223.

Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.

Jones, & Zanker, N. P. (2013). Applying laser cutting techniques through horology for teaching effective STEM in design and technology. Design and Technology Education, 18(3), 21–34. Retrieved from https://ojs.lboro.ac.uk/DATE/article/view/1874.

Kanematsu, & Barry. (2016). STEM and ICT Education in Intelligent Environments. Switzerland: Springer International Publishing.

Kapila, & Iskander. (2014). Lessons learned from conducting a K12 project to revitalize achievement by using instrumentation in Science Education. Journal of of STEM Education, 15(1), 46–51. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1034678.

Kembara, Rozak, & Hadian. (2018). Research-based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE), 1(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/icollite-18.2019.50, . 20019.11.

Kurnia, Damayani, & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.

Mutakinati, & Anwari. (2018). Analysis Of Students ’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Ngabekti, Prasetyo, Hardianti, & Teampanpong. (2019). The Development of STEM Mobile Learning Package Ekosistem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16905.

Nuraziza, & Suwarma. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang dimiliki Peserta didik SMP melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941.

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 10–14. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/24569.

Pratama, & Dkk. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Vak Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Di Sdn 2 Banjar Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 132–141. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20635/12617.

Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.

Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD, 6(3), 153–160.

Putri, Suwatra, & Tegeh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Rahayu, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada SDN Gugus II Raflesia Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 98–110.

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136.

Roberts, Jackson, Mohr-Schroeder, Bush, Maiorca, Cavalcanti, & Cremeans. (2018). Students’ Perceptions of STEM Learning After Participating in a Summer Informal Learning Experience. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s40594-018-0133-4.

Salame, I. I., & Nazir, S. (2019). The Impact of Supplemental Instruction on the Performance and Attitudes of General Chemistry Students. International Journal of Chemistry Education Research. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol3.iss2.art1.

Sugiyono. (2016). Metodologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Torlakson. (2014). Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Melalui Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Yuliati, & Lestari. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200.

Downloads

Published

2021-01-27

How to Cite

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31554