Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview

Hotmaria Hotmaria

Abstract


Siswa SMA Negeri memiliki masalah dalam pelajaran bahasa inggris, sebagian besar siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary) hal ini disebabkan karena faktor dalam diri maupun faktor luar.  Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan menerapkan strategi pembelajaran three step interview pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi, dokumentasi dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data kualitatif yaitu menggunakan triangulasi (cross check data), dan teknik analisis data kuantitatif yaitu membandingkan nilai rata-rata dan persentase siklus I dengan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68.48, sedangkan pada siklus II ketuntasan menunjukkan peningkatan menjadi 84% dengan nilai rata-rata siswa 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Interview dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dikelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Padang Bolak.

 


Keywords


Bahasa Inggris; Keterampilan Berbicara; Three Step Interview

Full Text:

PDF

References


Aristy, I., Hadiansyah, R., & Apsari, Y. (2019). Using Three Step-Interview To Improve Student’S Speaking Ability. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(2), 175. https://doi.org/10.22460/project.v2i2.p175-180

Candraloka, O. R. (2016). Implementing Three Step Interview. Jurnal Edulingua, 3(1). https://ejournal.unisnu.ac.id/JE/article/download/499/814

Maharani, R. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Steps Interview(Tsi) Dengan Pendekatan Saintifik Padamateri Fungsi Ditinjau Darikecerdasan Matematis Logissiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4458

Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share” terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1509

Putri, K. A. A. (2017). The Effect of Using Three Step Interview on Students Writing Achievement. Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(2), 146–150. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ELLITE/article/view/1515

Rahayu, Y., & Astutie, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kota Blitar Melalui Games ( Kalender ). Jurnal Pendidikan, 2(1), 45–56.

Ratnawati, S. R., Yuliasri, I., & Hartono, R. (2018). Enhancing the Students’ Speaking Skill Using Three Step Interview and Numbered Heads Together. Language Circle: Journal of Language and Literature, 12(2), 173–181. https://doi.org/10.15294/lc.v12i2.14176

Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 210–220. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.7

Saputra, D. S. (2017). Interactive Learning Dalam Pembelajaran Speaking Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.411

Sugianto, N. (2020). The Use Of Three Steps Interview To Increase Students’ Self-Confidence At Speaking Skill. Cordova Journal / Jurnal Kajian Bahasa Dan Budaya, 10(1), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.2229

Utama, I. M. P. (2018). The Effects Of Three Step Interview Strategy Towards Students’ Students’ Speaking Ability. Jurnal Paedagogy, 5(2).

Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, V(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558

Article Metrics

Abstract view : 2335 times
PDF file view : 1597 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.