Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Ni Komang Tri Yunita Dewi Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Sugiarta Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Parwati Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789

Keywords:

Think-Pair-Share, alat peraga, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan mendeskripsikan tanggapan siswa kelas VIII E SMP terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbantuan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Banjar tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa yang memperoleh skor rata-rata pemahaman konsep meningkat dari siklus ke siklus berturut-turut 12,5%, 56,25% dan 75%. Efektifitas peningkatan pemahaman konsep sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan diuji menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 6,15 dan t tabel sebesar 2,09 dengan taraf signifikansi. Oleh karena itu, ditolak, ini berarti ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan tergolong positif dengan rata-rata 41, 32.

References

Andika, N. D., Usodo, B., & Subanti, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Dan Think Pair Share ( Tps ) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 830–840. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10832.

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 99. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940.

Gumilang, M. R., Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika matematis merupakan salah satu secara interaktif , inspiratif , menyenang- melakukan penguasaan bahan dan materi. Journal of Medives, 3(2), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Hidayati, I., Deswita, H., & Afri, L. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 UJUNG BATU. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–6.

Husen, A., Indriwati, S. E., & Lestari, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Melalui Implementasi Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 853–860. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9547.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3 Malang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85.

Leonard, Leonard, I. A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 26 Agustus 2015, Agustus, 139–145.

Mariana, P., & Riwayati. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Ekosistem Dikelas VII. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 86–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4048.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.24.

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108.

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.

Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305.

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789