Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31997Keywords:
Listrik Statis dan listrik Dinamis, Pembelajaran PjBL, FisikaAbstract
Model pembelajaran yang digunakan guru selama ini yang secara umum tidak terpadu karena guru biasanya menggunakan model pembelajaran langsung yaitu pada saat pemberian materi pelajaran, guru langsung memberikan materi pelajaran tanpa pemberian motivasi awal sebelumnya, atau tidak menggali pengetahuan awal siswa sebelum memberikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar fisika siswa dengan melakukan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Fisika kompetensi Listrik Statik dan Listrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas X RPL1. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam model pembelajaran PjBL meliputi: penentuan, perancangan, penyusunan jadwal, monitoring, presentasi dan evaluasi. Aspek kinerja dan prestasi belajar siswa diukur dari besarnya nilai pre-test, dan nilai post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kinerja siswa sebesar 18,75%, yaitu diperoleh dari peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 15,70 kemudian meningkat menjadi 24,63 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based lerning dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada materi listrik statis dan listrik dinamis daripada dengan model pembelajaran lainnya.
References
Agustina, D. N., & Mulyadi. (2019). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Current Ratio, Dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 6(1), 106–115.
Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma. Pillar of Physics Education, 12(4), 881–888.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 291–295.
Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.
Latifah, N., Fauzia, U., & Kelana, J. B. (2020). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning ( PjBL ) Model. 4(4), 596–603.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836.
Nurjanah, S., & Poernomo, J. B. (2016). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan TSTS terhadap hasil belajar materi teori kinetik gas. Phenomenon, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1062.
Permata, M. D., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.30-39.
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535.
Sarah, S. (2019). Pemetaan potensi lokal kabupaten Wonosobo untuk pembelajaran fisika sekolah menengah atas (SMA). Edusains, 11(1), 121–131. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v11i1.9073.
Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan, 3, 751–757.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Wati, L. F. (2018). Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i12018p039.
Yulita, A. R., Ambarwulan, D., & Bakri, F. (2018). Pengembangan E-Learning Menggunakan Chamilo Untuk Membantu Proses Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 15–25. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4029.