Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Ni Wayan Wartini SMK Negeri 1 Mas Ubud Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Inkuiri tebimbing untuk meningkatkan maotivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. yang berjumlah 30 orang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 25 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan angket dan tes kemampuan berpikir kritis tipe esay. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Rata-rata skor motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 103,73 pada siklus I dan 109,27 pada siklus II dengan kategori tinggi. 2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,1% pada siklus I dan ketuntasan klasikal sebesar 90,6% pada siklus II dengan kategori baik. Jadi, dengan penerapan model pembelajaran inquiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Adnyani, N. K. M., Pudjawan, K., & Japa, I. G. N. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 270. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25622.

D.D. Kristianingsih, S., & Khanafiyah, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat- Alat Optik Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 10–13. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1095.

Fakhriyah. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2906.

Faradilla. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa IPS SMA Negeri Se-Kabupaten Jombang. Swara Bhumi, 5(1), 93–98.

Farida, U., Agustini, F., & Wakhyudin, H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ips Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kebondalem 01 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 192–199.

Febriawan, Y. (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas V SDN Balonggemek 1 Jombang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6742/2935.

Gustina, Abu, S. H. N., & Hamsyah, E. F. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Kelas VII SMPN 18 Makassar Studi pada Materi Pokok Asam, Basa dan Garam. Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 17(2), 12–18.

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84.

Mohammad, F. H., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa KELAS V. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.

Nilasari, E., & Adrian, Y. (2009). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mulyoagung 3 Dau Malang Yudha Adrian. 74–80.

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004.

Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 316–326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.

Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16319.

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.807.

Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976.

Downloads

Published

2021-02-16

How to Cite

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255