Efektivias Pendekatan Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dakam Menyusun RPP

Authors

  • Dewa Agung Putri Widiasih Departemen Agama Kabupaten Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32499

Keywords:

Kemampuan Guru Menyusun RPP, Kerja Praktek, Teknik Umpan Balik

Abstract

Rendahnya kemampuan guru dalam merancang RPP yang baik dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas kerja praktek dengan teknik umpan balik dapat meningkatkan kemampuan guru untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik, benar dan inovatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, sampel penelitaian ini berjumlah 13 oarang dari guru-guru agama hindu. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, studi dokumen. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kerja praktek dengan teknik umpan balik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik, benar dan inovatif. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awal hanya 71,23, Siklus I meningkat menjadi 83,46 dari data awal dan pada Siklus II naik 91,92 dari Siklus I. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kerja praktek dengan teknik umpan balik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik, benar dan inovatif.

References

Amani, L., Dantes, N., & Lasmawan, W. (2013). Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran Pada Guru Sd Se-Gugus. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3.

Andani, Y., Yulianto, A., & Murwatiningsih, M. (2017). Model Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menigkatkan Kinerja Guru Produktif di SMKN 1 Kota Bima. Educational Management, 6(2), 163–169. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22782.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Febriyanti, C. (2015). Pengaruh Bentuk Umpan Balik dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajara Trigonometri. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 203–214. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.125.

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161.

Hidayati, U. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru melalui Strategi Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dalam Menyususn RPP Inovatif. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.32729/edukasi.v4i2.177.

Kalpadiana, I. K. (2013). Efektivitas Kkg Agama Hindu Melalui Praktek Dan Sistem Umpan Balik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rpp Inovatif Berkarakter. Dharmasmrti, 14(26), 93–99.

Oktiani, I. R. P. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Rahmiyati, Y. (2016). Korelasi antara Kompetensi Kepribadian Guru dengan Minat dan Aktifitas Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(2), 59–74. https://doi.org/10.21093/sy.v4i2.713.

Setyo, S. (2018). Trategi Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik Dapat Meningkatkan Guru Guru SD Negeri 163083 Tebing Tinggi dalam Menyusun RPP Inovatif Tahun 2018. Elementary School Journal, 8(3). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/download/11873/10351.

Sri Widiasih, N. N. (2016). Meningkatkan Profesionalisme Guru Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 105. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.67.

suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Utami, S. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Gugus IV Sanankulon. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 272. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.70.

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities Development of primary school natural science lesson plan based on problem-based learning for learning disabilities students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202.

Widodo, E., Maryanto, A., & Setyawarno, D. (2017). Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Keterampilan Menafsirkan Grafik Bagi Guru IPA Tingkat SMP di Sleman, Yogyakarta. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(1), 52–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12974.

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Widiasih, D. A. P. (2021). Efektivias Pendekatan Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dakam Menyusun RPP. Journal of Education Action Research, 5(1), 139–144. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32499