Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Agama Hindu

Authors

  • Dewa Gde Brata Tapa SD Negeri 6 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32834

Keywords:

Metode Snowball Throwing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Agama Hindu siswa kelas VI di SD melalui penerapan metode Snowball Throwing. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 7,06 dan ketuntasan belajar 66,00%, pada siklus I meningkat menjadi 7,80 dengan ketuntasan belajar 87% dan pada Siklus II meningkat menjadi 8,87 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 6 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019.

References

A, N., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041.

Agustina, T. A. H., & Akmal, A. (2015). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1(April). https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/37/40.

Amirullah, A. H., & Hardianti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR. Jurnal Office, 2(2), 189–194.

Bambang, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Educate, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4101.

Dinarto, N. A. (2019). Eam Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Banyuasin 1. Junal Neraca, 3(2), 215–226.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594.

Fitriani, F., Jamal, M. A., & Wati, M. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Generatif Learning Dengan Pendekatan Kontekstual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 47. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i1.860.

Fitriani, I. N., Al-Ghozali, M. D. H., & Ashoumi, H. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 29–37. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/9143/5957.

Gusti, A. M. A. P. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran E-Learning dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Kelas Kalkulus Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4265.

Gustomo, A., & Sudarman. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling Dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 59–63. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/9143/5957.

Januwardana, I. G. A., Zulaikha, S., & Putra, M. (2014). Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kuta Badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Kurniawan, M. U. (2017). Perbedaan Hasil Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Metode Snowball Throwing Dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Arjasa. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 42. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292.

Makhfud, & Imron, A. (2020). Efektifitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDIT Al Azhar Kota Kediri. Journal of IIlamic Elementary Education, 2(September), 11–22. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1335/765.

Mufid, F. (2017). Spiritual Teaching Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smk Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 253. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1775.

Mulyasih, P. S., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 602–602. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eea.

Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i2.1248.

Oktiani, I. R. P. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Rachmah, L. L., Sunaryanto, & Yuniastuti. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Keluarga terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12701.

Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593.

Sartono, L. N. (2017). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Elementary School Education Journal, 3(1), 93–103. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/viewFile/1400/1183.

Sudikno, I. S., & Aminah, Y. S. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Kelas Xi Ips Sma Pgri 1 Taman Pemalang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 46–51.

Yuliati. (2015). Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 65–78.

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

Brata Tapa, D. G. (2021). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 5(1), 133–138. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32834