Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jasa Boga Materi Pengolahan Soup
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33147Keywords:
Pengolahan Soup, Tata Boga, Model Pemebelajaran Kooperatif, STADAbstract
Pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa merasa bosan, dan kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diperlukan penggunaan model pembelajaran yang efektif didalam sebuah pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menanalisis penggunaan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar jasa boga materi pengolahan soup siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah hasil belajar Jasa Boga Materi Pengolahan Soup yaitu siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai tes formatif siswa dalam siklus 2 memperoleh rata-rata 83,33, lebih tinggi dari pada sebelum siswa diajar dengan model pembelajaran lainnya, memperoleh rata-rata 62,67. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada materi pengolahan soup dari pada dengan model pembelajaran lainnya. Implikasi penelitian ini adalah dengan perlakuan model STAD dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, dan melatih kemampuan berpikir siswa.
References
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Astuti, Y., Sonhadji, A., & Nyoto, A. (2016). Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Tata Hidang Paket Keahlian Jasa Boga Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1). https://doi.org/10.17977/jp.v1i1.6603
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Faridah, N., Isrok’atun, I., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena IIlmiah, 1(1), 1061–1070. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3025
Febriana, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 36(1), 148–155. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74–79. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230
Maharani, A. (2017). Analisis Pengembangan Soal Tes Evaluasi Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Siswa Smk Pada Materi Geometri. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah, 6(3), 350–363. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Masdarini, L., & Devi, M. (2012). Pemahaman, Sikap, Dan Unjuk Kerja Higiene-Sanitasi Siswa Dalam Pengolahan Dan Penyajian Makanan Di SMK Bidang Keahlian Tata Boga. Teknologi Dan Kejuruan, 34(2). https://doi.org/10.17977/tk.v34i2.3029
Maulida, M., Wati, M., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760
Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Nurhazannah, Y. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe StudentTeam Achievement Devision (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(2), 50–59. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21176
Prasetyo, A., Hartini, T., Damayani, A., Mushafanah, Q., & Zahraini, D. A. (2016). IbM Himpaudi Kecamatan Kaliwungu Kendal Dalam Rangka Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 1 – 8. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v7i2.1128
Purwanti, K. L. (2017). Penerapan Literasi Lintas Kurikulum Matematika Dalam Pembelajaran Kelas Tinggi Di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun 2016. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 79. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1497
Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Baharuddin. (2018). Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 23–32. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Sofianti, D., Akhirmen, & Areva, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa Kelas XI IPS SMAN 11 Padang. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v1.i2.125
Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat Siswa Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 111–122. https://doi.org/10.15294/dp.v8i2.3367
Viviyung. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 32 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 1(1), 38–46. https://doi.org/10.29210/0201515
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wahyuni, P. (2019). The Effect of Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Division (STAD) on Understanding Mathematical Concepts in Class VIII Students of MTs N Pekanbaru. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 168–172. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.72
Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.657
Yuliarni, E., Luawo, M. I. R., & Karsih, K. (2013). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Dalam Membaca Dengan Teknik SQ3R (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X-F Di SMAN 8 Bogor). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.05