Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Ketut Murnawan SD Negeri 7 Ban

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33159

Keywords:

Model pembelajaran quantum teaching, Matematika, hasil belajar

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada muatan pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar Matematika siswa kelas VI semester ganjil setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang terdiri dari 18 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 62,78 dengan tingkat ketuntasan belajar 50,00% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 75,00 dengan tingkat ketuntasan belajar 88,89%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Implikasi penelitian ini adalah menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan agar memotivasi keaktifan siswa didalam proses pembelajaran sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.

References

Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395

Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Arianti, R., & Herwandi, H. (2018). Implementation Of Quantum Teaching Models In Listening The Short Stories In SMA 2 Rambah Hilir (Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Menyimak Cerita Pendek Di SMA Negeri 2 Rambah Hilir). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 201–213. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2555

Ariestika, I. M., Sedanayasa, G., & Pudjawan, K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5791

Donuata, P. B. (2019). Pengaruh Quantum Teaching Metode PQ4R Berdasarkan Keragaman Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 23–27. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11094

Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 35(3). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253

Elinawati, W., Duda, H. J., & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sainsmat, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Hafriani. (2019). Analisis Kompetensi Profesional Guru Matematika Bersertifikat Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 20(1), 58–68. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3856

Hendrayana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 186–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15385

Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal VARIDIKA, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738

Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210

Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas VII MTS Nu Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67

Mikaningsih, J. N. A. (2014). Penenerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN Gading 1 Sumenep. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.54

Naldi, F., & Susanti, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Co-op Co-op terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Audio, Kinestetik Siswa Kelas VIII SMPN 43 Merangin. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4115

Prasetyo, A., Hartini, T., Damayani, A., Mushafanah, Q., & Zahraini, D. A. (2016). IbM Himpaudi Kecamatan Kaliwungu Kendal Dalam Rangka Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 1 – 8. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v7i2.1128

Raditya, A., & Iskandar, R. S. F. (2020). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 232–145. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4066

Rochana, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang SMP dengan menggunakan model guided inquiry. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 219. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10659

Romadhoni, M. F., & Relmasira, S. C. (2018). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Quantum Teaching Dilihat Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 93–104. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p93-104

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Tirtoni, F. (2015). Penerapan Metode Quantum Learning Berkarakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas VI A SD Al-Falah Tropodo. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(2), 161–167. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.19

Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching Dan TGT Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296–307. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7348

Wahyuning, D. A., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif Dan Produktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 667–675. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.10144

Wicaksana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11074

Widiyaningsih, E., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 98–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2886

Widyawati, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 267–274. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.41

Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assessment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.116

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Murnawan, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 254–262. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33159

Issue

Section

Artikel