Penerapan Paikem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33268Keywords:
PAIKEM dan Hasil Belajar IPA.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan minat siswa untuk belajar khususnya pada muatan pelajaran IPA masih kurang, sehingga diperlukan metode dan pendekatan pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan PAIKEM untuk meningkatkan Hasil blajar IPA pada siswa Kelas IV SD. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 11 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Data dikumpulkan dengan metode tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis ststistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada refleksi awal sebesar 65,91, menjadi 70,45 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,91 menjadi 76,36. Simpulan penelitian ini adalah penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran PAIKEM dapat memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, membuat siswa terlibat secara aktif, melatih kemampuan komunikasi dan interaksi yang dimiliki oleh siswa.
References
Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin Di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1 – 18. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18
Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617
Aryani, W. D. (2014). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pakem Dengan Bantuan Media Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kandeman Batang Tahun Pelajaran 2013/2014. Forum Ilmu Sosial, 41(1), 103–124. https://doi.org/10.15294/fis.v41i1.5397
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Hafriani. (2019). Analisis Kompetensi Profesional Guru Matematika Bersertifikat Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 20(1), 58–68. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3856
Hayati, S., & Lailatussaadah. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169–179. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Irawan, E. (2016). Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.4
Khairani, C. (2015). Strategi Pembelajaran Paikem (Scrambel) dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SDN 6 Selebung Ketangga. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 23–39. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i1.750
Kristiantari, R. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017a). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017b). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145
Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35
Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562
Parida. (2015). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Supervisi, Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Komitmen Profesi Pada Guru SMP Negeri Di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan, 04, 896–905. https://doi.org/10.30868/ei.v4i07.69
Prasetyo, A., Hartini, T., Damayani, A., Mushafanah, Q., & Zahraini, D. A. (2016). IbM Himpaudi Kecamatan Kaliwungu Kendal Dalam Rangka Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 1 – 8. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v7i2.1128
Rahmawati, F., Utami, M., & Noviati, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkarakter, Aktif, dan Menyenangkan di SD Muhammadiyah 10 Surakarta. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 71–77. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.943
Resbiantoro, G. (2016). Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Terhadap Buku Guru Sd Kurikulum 2013. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 153. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p153-162
Sabihi, M. (2019). Penerapan Paikem Gembrot Untuk Menignkatkan Hasil Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2144–2158. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.271
Safitri, S. R., & Budhi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 34–40. https://doi.org/10.30738/natural.v4i2.1852
Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9
Subadi, T., Priyono, K. D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2013). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. WARTA, 18(1), 62–76. https://doi.org/10.23917/warta.v18i1.1168
Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary, 4(1), 38–54. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Suparlan. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia, 1(2), 93–115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104
Suryaningsih, E. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM bagi Peserta Didik di SDN Model Mataram. Jurnal Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.33394/jk.v2i1.428
Susilo, A., Pratiwi, Y., & Sunoto, S. (2018). Relevansi Nilai Sosial dalam Antologi Puisi Malu Aku Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail dengan Muatan Isi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10375
Sutrisno. (2015). Penilaian pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 12–17. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1356
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wahyudin, Wahyudin. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wardani, N. K. T. Y. P., Sulastri, M., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh Model Heuristik Vee dengan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5749