Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33311Keywords:
metode demonstrasi, media sederhana, hasil belajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi dan tes awal memperoleh hasil rendahnya hasil belajar tematik (muatan matematika), sehingga diperlukan metode dan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode demontrasi berbantuan media sederhana terhadap hasil belajar tematik (muatan matematika) siswa kelas III SD. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah hasil belajar muatan matematika, sedangkan objek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III yang jumlahnya 15 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan instrumen berupa lembar tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu pra siklus sebesar 64,00% yang tergolong kurang, siklus I sebesar 73,33% yang tergolong cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 78,67% yang tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan Matematika) siswa kelas III SD. Implikasi penelitian ini adalah dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan lebih konkret, siswa lebih mudah memahami materi, proses pengajaran lebih menarik, siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan melatih siswa untuk berani mencoba.
References
Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan Sikap Positif dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Demonstrasi atau Field Trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.270
Anggrain, D., & Veronica, R. B. (2015). Keefektifan Pembelajaran Core Berbantuan Kartu Kerja Pada Pencapaian Kemampuan Masalah Matematika Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.8497
Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341
Annisa, F. N., Karim, S., & Aminudin, A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Pengajaran Mipa, 19(1), 88–93. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.429
Asnita, A. U. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Inquiri Terbimbing Dan Metode Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Tengah. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 144 – 155. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a10
Bahtiar, R. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA DI SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425
Dewiyanti, N. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977
Elinawati, W., Duda, H. J., & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sainsmat, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701
Handayani, I. M., Pujiastuti, E., & Suhito. (2014). Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3271
Latifah, & Nurlaeli. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian di Kelas IV MIN Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 97–108. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1474
Mariani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306
Masduri, M. (2014). Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat bangun Ruang Pada Kelas VB Melalui Kolaborasi Metode Ceramah Demonstrasi dan Eksperimen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127–135. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.64
Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888
Mudarini, dkk H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11016
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Netriza, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 166–174. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6482
Nurhazannah, Y. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe StudentTeam Achievement Devision (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(2), 50–59. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21176
Nurmitasari. (2016). Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Demonstrasi Melalui Alat Peraga Konkrit dan Alat Peraga Gambar. E-DuMath, 2(1), 170–178. https://doi.org/10.26638/je.170.2064
Pramana, I. N. I., Suwatra, I. I. W., & Sedanayasa, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Yang Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV DI SD Wongaya Gede Tahun Pelajaran 2012/2013. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4540
Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Metode Demonstrasi Dan Media Garis Bilangan Kelas IV SD Negeri 2 Geneng Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.30659/pendas.5.1.11-17
Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning Dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108–117. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617
Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Baharuddin. (2018). Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 23–32. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3
Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum Dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354 – 362. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6161
Sari, N. L. S. D., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49–57. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701
Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139
Srininsih, E. (2015). Penerapan Teknik Vokal yang Baik dan Benar dengan Menggunakan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas VII Bilingual di SMPN 4 Mataram. Jurnal Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.33394/jk.v1i2.416
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693
Ulya, H., & Rofian, R. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 140–149. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12166
Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384