Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menganalisis Kebahasaan Teks Prosedur melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning

Authors

  • I Wayan Sudirta SMA Negeri 1 Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33313

Keywords:

Hasil Belajar, bahasa Indonesia, Mnganalisis Kebahasaan Teks Prosedur, Cooperative Llearning

Abstract

Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa menjadi permasalahan utama didalam penelitian ini, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pembelajaran bahasa indonesia materi  menganalisis kebahasaan teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran  Cooperative Learning siswa kelas XI. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes hasil belajar kepada siswa secara bertahap yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini berdasarkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning adalah diperoleh nilai rata-rata kelas 77,2, ketuntasan belajar mencapai 83% pada siklus I, dan nilai rata-rata 82, ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan  model pembelajaran Cooperative Learning   pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Negara  tahun pelajaran 2018/2019. Implikasi penelitian ini adalah mestimulus siswa untuk lebih aktif, lebih semangat dalam belajar serta keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar lebih tinggi, siswa akan lebih cepat memahami materi pelajaran yang dibahas pada saat pembelajaran berlangsung dan tentu menyenangkan.

References

Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87

Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Asmahasanah, S., Sa’diyah, M., & Ibdalsyah. (2018). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dan Penanaman Nilai Positif Melalui Pemanfaatan Kebun Sekolah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 167–173. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p167

Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi Melalui Model Cooperative Learning. Jurnal Edukasi, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155

Dewi, K. E. (2013). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Cooperative Learning Teknik Marry Go Round pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Klegung. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 3(4). https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/3002

Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24–38. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38

Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran PKn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44

Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Purwanti, K., AR, M., & Yusrizal, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510

Putra, P. A., Agung, A. A. G., & Sulastri, N. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Permainan Teka-teki Silang Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 di SD Negeri 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2929

Putri, I. G. A. C. A., Putra, D. K. N. S., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2471

Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 34–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(2), 124–134. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653

Said, I. M., Sutadji, E., & Sugandi, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cooperative Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Smk Se-Kota Malang Program Keahlian Teknik Ototronik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 265–270. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6131

Sari, D. M. (2017). Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning Talking Stick Type. Infinity Journal, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p183-194

Sari, K., Setiyowati, E., & Indrawati, S. A. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw Pada Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahamanself Regulated Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Tata Boga 3 SMK Negeri 30 Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 63–69. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.11

Sukmady, F. W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cooperative Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4650

Sunanto, R. F., Apriliani, R., & Nafi’ah, W. (2020). Students’ Mathematical Problem Solving Abilities: The Impact of The Co-Op Co-Op Cooperative Learning Model and Missouri Mathematics Project. DESIMAL, 3(3), 279–286. https://doi.org/10.24042/djm.v3i3.7332

Suria, M. D. O., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662

Ulya, F., Rc, A. R., & Sulistyorini, S. (2020). The Effectiveness of Project-Based Learning Model and Talking stickType of Cooperative Learning Model on the Quran-Hadith Subject Learning Outcomes. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 87–93. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v9i2.40173

Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 4(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537

Yuliarni, E., Luawo, M. I. R., & Karsih, K. (2013). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Dalam Membaca Dengan Teknik SQ3R (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X-F Di SMAN 8 Bogor). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.05

Downloads

Published

2021-03-26

Issue

Section

Artikel