Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata

Authors

  • Ni Putu Aryantini SMK Negeri 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33339

Keywords:

model pembelajaran Learning Cycle “5E”, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa mengenai Komunikasi Insdustri Pariwisata dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Learning Cycle “5E” terhadap motivasi dan prestasi belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar Komunikasi Industri Pariwisata, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket/kuisioner, dan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan nilai tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik Kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 6,88 dari rata-rata 41,35 pada siklus I, menjadi 48,23 pada siklus II  dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 0,74 dari rata-rata 7,25 pada siklus I menjadi 7,99 pada siklus II. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle “5E” dalam pembelajaran Komunikasi Industri Pariwisata dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran menjadi berpusat pada siswa, pembelajaran menjadi lebih bermakna tidak menghafal, dan membentuk siswa yang aktif, kritis, serta kreatif.

References

Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Anugraheni, P. (2019). Pengaruh Pembelajaran 5E Learning Cycle Berbantuan Multimedia Terhadap Minat Belajar IPA. Edusains, 9(1). https://doi.org/10.15408/es.v9i1.1722

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Fatmawati, L. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep IPS Melalui Model Learning Cycle 5E. Jurnal Prima Edukasi, 4(2), 148–162. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.9488

Fauzi, F., & Mustadi, A. (2019). Learner Autonomy of Science Using 5E Learning Cycle. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 287 – 299. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2424

Firdausi, N. I. (2015). Comparison of Chemistry Learning Outcomes with Inquiry Learning Model and Learning Cycle 5E in Material Solubility and Solubility Multiplication Results. JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 2(4), 193–199. https://doi.org/10.17977/jps.v2i4.4535

Ilmi, N., Salempa, P., & Side, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E yang Terintegrasi dengan Metode Problem Solving. Sainsmat, 8(2), 36–46. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107182019

Imran, A., Amini, R., & Fitria, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44

Marisna, R., & Sigit, D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Antara Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dan Learning Cycle 5e-Mind Mapping pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i7.11332

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385–395. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836

Mustika, D. (2017a). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7230

Mustika, D. (2017b). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7230

Pitriani, P. (2018). Prestasi dan Kemandirian Belajar dalam Geometri Tranformasi melalui Learning Cycle 5E Berbantuan Software. DESIMAL, 1(2), 229–235. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2483

Puryadi, Rahayu, S., & Sutrio. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ipa Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 23–32.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Rhosyida, N., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, Dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem Sebagai Implementasi KTSP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35 – 47. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2662

Sari, I. I. (2015). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v1i1.2507

Sasmito, A. P., Kustono, D., & Patmanthara, S. (2015). Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (du/di) siswa paket keahlian rekayasa perangkat lunak di smk. Teknologi Dan Kejuruan, 38(1), 25–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i1.4597

Sasono, M., Huriawati, F., & Yusro, A. C. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan Konstruktivistik dengan Metode Five E (5E) Stages Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1630

Shofiah, S., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 54–62. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.9856

Subadi, T., Priyono, K. D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2013). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. Warta, 18(1), 62–76. https://doi.org/10.23917/warta.v18i1.1168

Suciati, Vincentrisia, A., & Ismiyatin. (2015). Application Of Learning Cycle Model (5E) Learning With Chart Variation Towardstudents’ Creativity. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3502

Syamra, Y. (2016). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Pariwisata Di Kota Padang. Economica, 4(2), 258–268. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v4.i2.628

Widarwati, S., Budiastuti, E., & Karomah, P. (2014). Implementasi Alat Evaluasi Menggambar Busana di SMK Swasta Kelompok Pariwisata Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 208–214. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8935

Wuryandari, A. (2018). Affordances Dan Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Industri Pariwisata (Studi Kasus Travel Agent Di Solo). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(2), 993–1000. https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2527

Yuliati, Y. (2015). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.346

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Aryantini, N. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Journal of Education Action Research, 5(2), 239–245. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33339

Issue

Section

Artikel