Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34999Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI), Tutor Sebaya, Prestasi BelajarAbstract
Rendahnya prestasi belajar matematika akibat penerapan model pembelajaran yang masih kurang inovatif. penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif akan menyebabkan siswa bosan dan menggap pelajaran matematika itu sulit. Oleh sebab itulah penelitian yang bertujuan untuk mengkaji Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang mendapatkan pembelajaran Matematika. Metode pengumpulan data yang digunakn adalah tes dan observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 56.25, pada siklus I meningkat menjadi 58,13 dan pada Siklus II meningkat menjadi 75. Jadi, prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya.
References
Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The value of peer mentorship as an educational strategy in nursing. Journal of Nursing Education, 57(4), 217–224. https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05.
Angela, T. (2014). Challenges to Meaningful Learning in Social Studies – The Key Competences as an Opportunity to Students’ Active Participation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 192–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.142.
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424.
Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.
Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019.
Farnika, Ikhsan, & Sofyan. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Sekolah Menengah Atas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jurnal Elemen Program Studi Matematika, 1(2), 144–152.
Fauziyyah, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Mengingkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 73–81. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20171.
Gabriele, K. M., Holthaus, R. M., & Boulet, J. R. (2016). Usefulness of Video-Assisted Peer Mentor Feedback in Undergraduate Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 12(8), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004.
Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects of Psychiatric Nursing Simulation on Anxiety and Self-confidence about Clinical Placement of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. https://doi.org/10.5762/kais.2015.16.11.7812.
Hidayati, I., Deswita, H., & Afri, L. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 UJUNG BATU. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–6.
Hurriyah. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI ( Team Assisted Individualization ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X MIA. Natural Science Journal, 3(1), 328–335. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v3i1.403.
Hwang, G. J., Yang, L. H., & Wang, S. Y. (2013). A concept map-embedded educational computer game for improving students’ learning performance in natural science courses. Computers & Education, 69. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.008.
Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696.
Jaziroh, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3283.
Kurniawati, K. R. A., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28.
Laksmi, N. P. R. A., Wiarta, I. W., & Made Putra. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Mimbar Pgsd, 5(2), 1–10.
Lisdayanti, N. P., Ardana, I. K., & Suryaabadi, I. B. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Gugus 4 Baturiti. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1962.
Muhammad, H. M. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” Siswa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(3), 200–207. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16436.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementari Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.
Ngilamele, M., Laamena, C. M., & Palinussa, A. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Teams Assited Individualization) Terhadap Hasil Belajar Materi Himpunan Pada Siswa Smp Maria Mediatrix Ambon. Journal of Honai Math, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.51.
Nkhoma, M., Sriratanaviriyakul, N., & Quang, H. L. (2017). Using case method to enrich students’ learning outcomes. Active Learning in Higher Education, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F1469787417693501.
Nurmahmidah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pokok Bahasan Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Mia 2 Sma Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mercumatika, 1(2), 65–72. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252.
Oh, E. (2019). Research on the effective of peer instruction and students’ involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 9, 199–208. https://doi.org/https://doi.org/10.35873/ajmahs.
Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 152–157. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123.
Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.
Puspitawangi, K. R., Wibawa, I. M. C., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Rosdiana, Kusmariyatni, & Widiana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.826.
Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 113–144. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313.
Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.
Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188.
Siwi, Sudrajat, & Wardana. (2019). Keefektifan Model Team Assisted Individualization Berbantu Media Corong Hitung Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 128–134.
Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 2013(i), 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901.
Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 146–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435.
Ujianti, C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Wang, Y., Liu, H., & Zhou, Y. (2021). Development of a deep learning-based model for the entire production process of steam-assisted gravity drainage (SAGD). Fuel, 287. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.fuel.2020.119565.
Weni, Susanti, & Jatmiko. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), 26–33.
Witari, I. G. A., Putri, M., & Rati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7445.