Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

I Wayan Mertayasa

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tianyar Barat di Kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted  Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya Metode pengumpulan  datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 56.25, pada siklus I meningkat menjadi 58,13 dan pada  Siklus II meningkat menjadi 75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted  Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI), Tutor Sebaya, Prestasi Belajar

References


Arikunto,Suharsini, Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azizah, Rizka. 2010. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam

Azizah, Rizka. 2010. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Azwar,Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Djiwandono,Sri Esti Wuryani 1989 Psikologi Pendidikan (Rev) penerbit Grasindo Jakarta

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik...

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Johnson, D. W. & Johnson R.T., 1996. Coopertative Leraning. (Tersedia) http:///www.clcrc.com

Hamalik, Oemar. 1998 Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aks

Henny.2003 :20 (dalam http///:matematikal

Muzzaki 2012.thesis .Hubungan antara penggunaa Media Pembelajaran dan Kreativitas Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar menggunAKAN Peralatan kantor siswa kelas V SMK N 1 jogonalan tahun ajaran 2011/2012.Universitas negeri Yogya karta eprintts.uny.id./8915/

Nur Mohamad et al.2000.teri belajar.Surabaya.universuty press

Nurnaningsih Rofidah. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Dengan Media Gambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IIb MIN Ngawen Gunungkidul (Pendekatan Penelitian Tindakan KealsI Sikripsi. Program Studi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sabaruddin, 2009. Skripsi. Peranan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Inpres Karawa Kab.Pinrang Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Saifudin Azwar. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar..

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative learning. Theory, Research and Practice, Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. (Edisi terjemahan oleh nurulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Soedomo, M. 2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggara Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.

Suyitno,2002 :9 (http;// matematic

Suherman dkk.2003.strategi strategi pembelajaran matematika.

Wardani dkk (2007).penelitian tindakan kelas.universits terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34999

Article Metrics

Abstract view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.