Upaya Peningkatan Kedisiplinan dan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Supervisi Akademik di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39063Keywords:
Supervisi Akademik, Disiplin, Kualitas PembelajaranAbstract
Rendahnya kedisiplinan guru dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran merupakan masalah yang muncul saat pandemi covid-19. Kondisi seperti itu menimbulkan kejenuhan, dan kejengkelan, sehingga minat, atensi dan dorongan peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kedisiplinan dan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 melalui supervisi akademik di SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak 11 orang guru, terdiri atas 3 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode nontes berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terdapat 2 orang guru berada pada tingkat kedisiplinan dengan kategori tinggi, 5 orang guru dengan kategori sedang, dan 4 orang guru dengan kategori rendah. Pada siklus II terdapat 4 orang dengan kategori tinngi, sisanya terdapat 7 orang guru pada kategori sedang. Sedangkan, dilihat dari kualitas pembelajaran, pada siklus I terdapat 2 orang guru berada pada kategori tinggi, 5 orang guru dengan kategori sedang, dan 4 orang guru dengan kategori rendah. Pada siklus II terdapat 4 orang dengan kategori tinngi, 7 orang guru dengan kategori sedang. Jadi, supervisi akademik dapat meningkatkan displin dan kualitas pembelajaran di SD. Implikasi penelitian ini diharapkan melalui supervisi, guru dapat meningkatkan profesionalisme guru, sehingga kualitas pembelajaran menjadi baik.
References
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.
Arifah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014 - 2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 116–130. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p116-130.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.
Daming, K. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru Matematika Sekolah Menengah Atas Negeri. Journal Of EST ( Educational Science and Technology), 3(1), 75 – 81. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3563.
Darwina, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 116–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/8820.
Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2). https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159.
Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4222.
Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 1(1), 10–16. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/5.
Jayawardana, H. B. . (2020). Identifikasi Kesulitan Guru PAUD di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.
Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Muspawi, M. (2017). Implementasi Supervisi Akademik pada MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi. TA’DIB : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3181.
Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 312–321. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578.
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613.
Nurjamaludin, M. (2020). Hubungan Disiplin dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru dalam Mengajarkan IPS di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Garut. Jurnal Pedagogi Pendidikan Dasar, 7(1), 49–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/30059.
PEP, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal Of EST ( Educational Science and Technology), 1(2). https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1515.
Priyanto, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Akademik. Elementary School, 8(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1077.
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8.
Purwanto, J. P. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Reward and Punishment di SDN Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 58–69. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903.
Ristiyani, E., & Bahriah, E., S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Peserta didik di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431.
Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6715.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.
Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.970.
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.
Syaputra, M. D., Makhdalen, & Sumarno. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 146–155. https://jmp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMP/article/view/5474/5136/
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orang Tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.
Winingsih, L. H., Agung, I., & Sulistiono, A. A. (2019). The Influence of Government Policy, Principle Leadership, and Participation of Parents on Strengthening Teacher Organizations (KKG/MGMP) and Development of Problem Solving inSstudents: Indonesia Case. International Journal of Education and Practice, 7(4), 479–493. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.74.479.493.