Online Problem Based Learning pada Pembelajaran Akuntansi Keuangan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Authors

  • Dudung Ma'ruf Nuris Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.40008

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Pelajaran Akuntansi Keuangan

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan secara online akibat pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas belajar dan motivasi siswa menurun. Hal ini memberi dampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan secara online. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes tertulis online dan observasi online. Teknik analisis data menggunakan metode campuran, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest siklus I terdapat 4 siswa yang memeroleh nilai < 60. Hasil post-test menunjukkan 2 siswa yang nilainya < 60. Pada pretest siklus II, terdapat 2 siswa yang nilainya < 60, sedangkan pada post-test phanya 1 siswa yang nilainya < 60. Hal ini terbukti dengan adanya antusiasme siswa dalam belajar di kelas online dengan bantuan google meet. Jadi, penerapan model Problem Based Learning dapat dilakukan secara maksimal meskipun dengan keterbatasan yang ada yaitu tidak dapat melakukan tatap muka secara langsung sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara online.

References

Adawiyah, P. S., & Disman, H. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, Vol. 1, 29–42. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/23185.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Astrilova, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pokok Bahasa Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 4 Lahat Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.1476.

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70.

Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014). Effects of Problem-Based Learning vs. Traditional Lecture on Korean Nursing Students’ Critical Thinking, Problem-Solving, and Self-Directed Learning. Nurse Education Today, 34(1), 52–56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2020). The Conceptual and Hypothetical Model of Interactive Blended Problem Based Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 285. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162.

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.

Fitriana, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan pada Siswa XII Akuntansi SMKN 44 Jakarta. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.30596%2Fjppp.v2i1.7308.

Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate Business Students’ Perceptions of Learning Outcomes in Problem Based and Faculty Centered Courses. International Journal of Management Education, 16(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.004.

Hanifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2581–2590. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.629.

Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9.

Iswinar, I. (2019). Penerapan Strategi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 569. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1511.

Jawadiyah, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemical Education, 10(2), 195–204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2543.

Kartikasari, I., Nugroho, A., & Muslim, A. H. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 44–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An Effective Blended Online Teaching and Learning Strategy during the Covid-19 Pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Lie, G., & Triposa, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 110–128. https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209.

Murniati, A., & Hermawan, A. (2018). E-Problem Based Learning (E-PBL) pada Mata Kuliah Akuntansi Manajemen Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.25.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53.

Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. (2017). Influence of Explicit Higher-Order Thinking Skills Instruction on Students’ Learning of Linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004.

Nisak, C., & Sari, A. R. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(1), 82–99. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1681.

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. The Journal of Economic Education, 4(1), 14–19.

Patarai, I., Mustari, & Azis, M. (2018). Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional, dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mirai Management, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.1234/mirai.v3i2.269.

Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the Authenticity of Cases, Internships, and Problem-Based Learning as Managerial Learning Experiences: Concepts, Methods, and Lessons for Practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425.

Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694.

Rahayuningsih, M. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Jasa dengan Pembelajaran Problem Based Learning. Indonesian Journal of Education and Learning, Vol 1, No, 43–51.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1).

Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of Problem- Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students’ Critical Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.

Salleh, N. M., & Aiman, M. S. (2015). Improving the Quality of Pupils’ Response in Science Inquiry Teaching: a Participatory Action Research. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 1310–1316. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.482.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275.

Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021). Effect of Pandemic Based Online Education on Teaching and Learning System. International Journal of Educational Development, 85(January), 102444. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373.

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7.

Suryanti, N. (2016). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) on Intermediate Financial Accounting Subject. Dinamika Pendidikan Unnes, 11(2), 94–101. https://doi.org/10.15294/dp.v11i2.8939.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple 11 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.58.

Tang, Y. M., Chen, P. C., Law, K. M. Y., Wu, C. H., Lau, Y. yip, Guan, J., He, D., & Ho, G. T. S. (2021). Comparative analysis of Student’s live online learning readiness during the coronavirus (COVID-19) pandemic in the higher education sector. Computers and Education, 168(April). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104211.

Ting, K.-H., Cheng, C.-T., & Ting, H.-Y. (2021). Introducing the Problem/Project Based Learning as a Learning Strategy in University Social Responsibility Program - A Study of Local Revitalization of Coastal Area, Yong-An District of Kaohsiung City. Marine Policy, 131(700), 104546. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2021.104546.

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482.

Utomo, S. W., Joyoatmojo, S., Jutmini, S., & Suryani, N. (2019). Improving Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning with a Scientific Approach. Dinamika Pendidikan, 14(1), 76–86. https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.18776.

Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.

Winarsih, S., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar di SMK. Jurnal Tata Arta, 5(2), 52–62.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.

Wolcott, S. K., & Sargent, M. J. (2021). Critical Thinking in Accounting Education: Status and Call To Action. Journal of Accounting Education, 56, 100731. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2021.100731.

Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The Value of Problem-Based Learning in Learning for Sustainability: Undergraduate Accounting Student Perspectives. Journal of Accounting Education, 45 (August 2017), 1–19. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Problem Based Learning (PBL) Learning Model: the Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(November), 399–408.

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segi Empat. Eule : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Nuris, D. M. (2022). Online Problem Based Learning pada Pembelajaran Akuntansi Keuangan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Education Action Research, 6(1), 124–134. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.40008