Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video dengan Metode Resitasi

Authors

  • Isa Purwanti Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wonosari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.43917

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Resitasi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran teknik pengolahan audio dan video kurang baik karena siswa tidak mau mendengarkan pelajaran yang diberikan oleh guru dan tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode resitasi. Model penelitian tindakan kelas Kemmis dan McTaggart 4 tahap diadopsi untuk mencapai tujuan ini. Responden yang berpartisipasi sebanyak 32 orang siswa yang berasal dari kelas XII Multimedia 1 SMK. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi keaktifan siswa, serta instrumen tes kognitif. Lembar observasi aktivitas guru menggunakan skala likert 4-point, lembar observasi aktivitas siswa menggunakan check list, dan tes kognitif berupa pilihan ganda. Seluruh data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dari skor 67.2 (Cukup Baik) pada siklus 1, menjadi 74.2 (Cukup Baik) pada siklus 2. Aktivitas siswa meningkat dari skor 77.5 (Baik) pada siklus 1, menjadi 83.5 (Baik) pada siklus 2. Rata-rata kelas meningkat dari 84.2 (Sedang) menjadi 85.6 (Tinggi) pada siklus 2. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada akhir siklus mencapai 100%. Jadi, metode resitasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Multimedia 1 SMK.

References

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5. DOI: https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Ardiani, L. ardian. (2019). Kajian Metode Discovery Learning dan Resitasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa SD Rima. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927. DOI: https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927

Ariyanti, A, Maulana, A., & Damayanti, E. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Metode Resitasi dan Brainstorming. Jurnal Biotek, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.17128.

Ariyanti, Ariyanti, Maulana, A., & Damayanti, E. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Metode Resitasi dan Brainstorming. Jurnal Biotek, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.17128. DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.17128

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fujiyanto, A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.327

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 1(1), 47–55. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/575.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Lestari, I. A. P. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 58–66. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398

Mariyam, S., Triwoelandari, R., & Nawawi, H. K. (2018). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1282–1296.

Maryani, T. (2021). Pengaruh Penerapan Metode STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 1(1), 102–113. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/575.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631

Tonaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468. DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468

Tri Sutrisno, Y. A. A. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 1. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17213/15652.

Ujianti, P. R., Suastika, N., & Dewi, P. S. D. (2021). Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 318. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841

Wicaksono, M. D., Hairunisya, N., & Hadi, N. U. (2021). Pembelajaran Daring dengan Metode Resitasi dan Pemanfaatan Google Classroom pada Pembelajaran IPS. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(2), 95–109. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v9i2.10005. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v9i2.10005

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Purwanti, I. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video dengan Metode Resitasi. Journal of Education Action Research, 6(2), 160–167. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.43917

Issue

Section

Artikel