Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Media Model Sel dari Bahan Clay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Sel
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44295Keywords:
Think Pair Share, Aktivitas, Hasil Belajar, ClayAbstract
Hasil belajar biologi siswa masih tergolong rendah karena pelajaran biologi banyak hafalan. Hal inilah salah satu penyebab peserta didik malas untuk belajar biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi struktur sel melalui praktek pembuatan model sel dari bahan clay di kelas XI IPS3. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik deskriptif komparatif dan deskriptif komunikatif. Hasil pretest siklus 1 menunjukkan bahwa peserta didik yang tidak tuntas mencapai 86,67%, sedangkan yang tuntas 13,33%. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi struktur sel masih sangat rendah. Hasil postest siklus 2 menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas mencapai 83,33%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 20%. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman siswa sudah semakin meningkat. Maka, pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan media model sel dari bahan clay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur sel. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi struktur sel.
References
Afriyola, F., Rahmi, R., & Delyana, H. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AL KHAWARIZMI, 4(2), 190 – 204. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7912.
Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631.
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789.
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.
Fahrullisa, R., Putra, F., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213.
Gusmiharti, R., & Fitri, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 265 – 272. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2444.
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744.
Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Numbered-Heads-Together (NHT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016.
Murni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Model Pembelajaran PKN melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 284. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2105.
Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 312–321. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578.
Naharir, R. A., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.
Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Global Edukasi, 3(1), 55–60. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997.
Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653.
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499.
Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.
Septiningtyas, R. P., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Dionasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis pada Tema 9 Siswa Kelas IV SD N Solowire. Jurnal Basicedu, 3(2), 414 – 421. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.20.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.
Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.
Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653.
Triwulandari, D., Wati, M., & M., A. S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Pair Checks Pada SMP Negeri 9 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2816.
Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2019). Improving Students’ Thinking Skill Based on Class Interaction in Discovery Instructional: A Case of Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 347–353. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.20003.
Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408.