Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pasca Pandemi dengan Model Pembelajaran CLIS pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • I Gusti Gede Ariana SD Negeri 3 Budakeling

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44302

Keywords:

Aktivitas belajar, model pembelajaran CLIS, Pandemi

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa menyebabkan pembelajaran yang diterima kurang bermakna. Siswa menjadi pasif dan menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Permasalahan yang muncul tersebut tidak terlepas dari kebiasaan siswa dan guru yang selama 2 tahun belakangan melakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA pascapandemi dengan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif yang mengacu pada desain PTK menurut Kurt Lewin. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 31 siswa kelas V SD. Objek pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar IPA pascapandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi dengan Instrumen pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran CLIS yang dilakukan dengan mengekplorasi pengetahuan awal siswa, melakukan percobaan, diskusi, mengalisis dan memecahkan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA dengan nilai akumulasi sebesar 68% pada kategori tinggi, dan pada kategori rendah sebesar 32%. Penerapan model CLIS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA.

References

Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar di Masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794–805. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.454.

Alizarman. (2016). Peningkatan Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SDN 26 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.29210/020159.

Ardianto, D., & Rubini, Bi. (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA terpadu Tipe Shared. USEJ-Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451.

Fatimah dan Widiyatmoko. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2 .3114.

Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025.

Hafa, M. F., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315.

Hamdu, G. & L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Hamzah, B. U. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Bumi Aksara.

Harahap, S. R. (2020). Kebiasaan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 30–35.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9.

Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696.

Mariya, M. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(6), 1247–1254.

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Minsih, M., & D, A. G. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144.

Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Elementary Education, 2(1), 54–60. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2081.

Perdana, F. A., Sarwanto, & Sukarmin. (2017). Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA Kelas X pada Materi Dinamika Gerak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 61–76. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17844.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956.

Putra, I. G. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997.

Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Radiyono, Y. (2017). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 111–118. https://doi.org/10.21009/1.03115.

Rosarina, Gina., Sudin, Ali., & S. A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043.

Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Kartu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946.

Sari, N., Annur, S., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan LKS Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model CLIS (Children Learning In Science) di SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 159 – 167. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i2.2872.

Sele, Y., Nomleni, F. T., & Sir, M. S. (2021). The Gender Equality in CLIS Model and Brain Gym Technique: A Review of Cognitive Learning Outcomes. Unnes Science Education Journal, 10(1), 41–48. https://doi.org/10.15294/USEJ.V10I1.42794.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150.

Suwaib, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 002 Sebatik Utara Kabupaten Nunukan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 163–173. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p163-173.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.

Wahyono, P. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2 .3114.

Wijaya, K. W. B., & Dewi, P. A. S. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 142–146. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.554.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Wulandari, N., Utami, W., Rosadi, K. I., Hartoyo, Z., & Syefriando, B. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i1.138.

Downloads

Published

2022-02-16

How to Cite

Ariana, I. G. G. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pasca Pandemi dengan Model Pembelajaran CLIS pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44302