Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Wayan Putri Suartini Sekolah Dasar Negeri 1 Ban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635

Keywords:

Analisis, Kesulitan Belajar Siswa, Sekolah Dasar Negeri 1 Ban

Abstract

Banyak anak-anak yang mengalami kesulitan belajar, salah satunya kesulitan belajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, serta triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang masih mengalami kesulitan belajar membaca. Dalam hal ini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menyebabkan anak mengalami kesulitan belajar membaca ialah kurangnya minat dari diri siswa tersebut untuk belajar membaca sehingga mereka menjadi malas dalam membaca. Faktor eksternal yang memengaruhi kesulitan membaca siswa dapat dikelompokkan kedalam tiga yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang banyak dialami oleh siswa kelas II SD adalah kesulitan belajar membaca. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memberikan tindakan untuk mengatasi berbagai kesulitan belajar yang dialami siswa.

References

‘Aisyatinnaba, N., & Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(4), 54–57. https://doi.org/10.15294/IJGC.V5I4.13520.

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 1650–1655. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.

Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD di Kelompok Bermain Fun Islamic School. AL-Athfaal, 2(2), 100 – 110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927.

Badruttamam, C. A. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. JURNAL CENDEKIA, 10(02), 123–132. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.

Buana, I. M. S., Sutriyanti, N. K., & Ni Nyoman Mariani. (2019). Peran Lingkungan Sekolah dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Canggu. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(4), 247–251.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78.

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang Tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Husna, R. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 7(2), 428–436. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.333.

Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Ponorogo. Journal Of Chemical Information And Modeling, 1, 27.

Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069.

Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 17–23. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/1.

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050.

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905.

Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943.

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. (2018). Optimalisasi Peran Orangtua dalam Mengembangkan Potensi PAUD. ADIWIDYA, 2(2), 289–298. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2521.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279.

Suryani, L., Pendi, A., & B. Seto, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17–26. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6010.

Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Vakt Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13 – 20. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2506.

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019a). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) pada Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan, 8(2), 189 – 199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019b). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) pada Siswa Kelas II [ Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Class II Students]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Suartini, N. W. P. (2022). Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 141–145. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635