Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD

Authors

  • I Nyoman Suandi SD Negeri 1 Kaliasem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083

Keywords:

Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Kurangnya sarana penunjang kegiatan pembelajaran seperti alat peraga yang belum memadai mengakibatkan pembelajaran Matematika tidak dapat menarik perhatian siswa. Hal ini akan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode diskusi kelompok dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD sebanyak 24 orang Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi awal, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 57,9 dan ketuntasan klasikal 58,3%. Hasil penelitian siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59,5 dan ketuntasan klasikal 70,8%, artinya terdapat peningkatkan sebesar 1,6 poin. Pada Siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,1. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan dari siklus sebelumnya sebesar 14,2 poin dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Maka, pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelompok Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

References

Aguswandi. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran Matematika dan PKN untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 006 Koto Inuman Kecamatan Inuman. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(1), 60–64. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878.

Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Anagram dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.

Çinar, S., Pirasa, N., Uzun, N., & Erenler, S. (2016). The Effect of STEM Education on Pre-Service Science Teachers’ Perception of Interdisciplinary Education. Journal of Turkish Science Education, 13(Specialissue), 118–142. https://doi.org/10.12973/tused.10175a.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Ernawati. (2020). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 125–131. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594.

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi TPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770.

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Karyadi. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melaporkan Isi Bacaan melalui Metode Diskusi. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 80–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.28.

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan, 1(2), 166 – 173. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Miasari, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 59–70. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.885.

Mustamin, H. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 180–192. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i15.

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.

Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238.

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854.

Rinaldi. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Standar Kompetensi Menerapkan Konsep Barisan dan Deret dalam Pemecahan Masalah melalui Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok di Kelas XI AP 3 Semester Ganjil SMKN 1 Payakumbuh Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(1), 107 – 117. https://doi.org/10.29210/149%y.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.

Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/326/154.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa melalui Media Kotak Ajaib Berbasis STEM pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135–140. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083