Peningkatan Prestasi Belajar PPKn dengan Optimalisasi Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Rusmiati SD Negeri 1 Bulian, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45509

Keywords:

Prestasi Belajar PPKn, Model Pembelajaran Inquiry

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang menunjukkan bahwa kemampuan prestasi belajar PPKn siswa masih cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis apakah prestasi belajar PPKn dapat meningkat dengan optimalisasi model pembelajaran inquiry pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 17 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini diusulkan tingkat keberhasilan per siklus yaitu prestasi belajar siswa diharapkan mencapai rata-rata 70 atau lebih, dengan ketuntasan belajar mencapai 85%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 60,00, pada siklus I 70,00, dan meningkat menjadi 81,65 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 47%, pada siklus I meningkat menjadi 71%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran kuantum dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa.

References

Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020

Amdani, K., & Suryadi, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas IX Semester I SMP Swasta Sabilina Tembung. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1). https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8027. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8027

Anom, I. P. G. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Inquiri pada Materi Metode Ilmiah. Journal of Education Action Research, 5(1), 118–125. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31062. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31062

Astiti, N. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri sebagai Upaya ntuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa SD Negeri 2 Tojan Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Daiwi Widya, 5(2). https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/viewFile/184/181.

Astriani, L. W. (2015). Pentingnya Peningkatan Kualitas Guru untuk Mewujudkan Generasi Gemilang yang Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 10(1), 21–26.

Buana, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 33–40. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/44.

Cintang, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Scientific untuk Siswa Kelas IV SD Tema Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 85–92. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3892. DOI: https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3892

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Dharmayanti, D. P. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Semester I SDN 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 152–161. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115.

Fink, L. D. (2013). Creating Significant Learning Experiences: An Integrated Approach to Designing College Courses. John Wiley & Sons.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Ilham, I. (2021). Upaya Meningkatkan Listening Ability Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual bagi Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018. JESBIO: Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 10(3).

Marheni, N. P., & Suardana, I. N. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 8(2), 87–100. https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12640.

Neka, I, K., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 1–11.

Pariastini, L. (2016). Memaksimalkan Pembelajaran Ekspositori dengan Debat Aktif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika SMP Negeri 1 Seririt. Daiwi Widya, 3(3). https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/66/65.

Pontri, N. N. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Model Pembelajaran Inquiri Dibantu Alat Peraga Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas II Semester I SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2016/2017. Daiwi Widya, 4(2). https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/13.

Prihandoko, Y., Slamet, S. Y., & Winarno. (2017). Pendekatan Cognitive Moral sebagai Kerangka Pengembangan Bahan Ajar PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 1(2), 200–2013. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.15279. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.15279

Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452–458. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640

Salam, R. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Harmony, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965.

Saraswati, A. A. I. S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan Metode Kuis Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 4(3), 271–279. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27178.

Semah, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) di Kelas IX SMP. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(2), 27–35. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/309/296.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sutiyono, S. (2018). Reformulasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824

Suyadnya, I. B. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 164–170. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.196

Ukiyatiningsih. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Materi Keberagaman Suku, Ras, dan Antargolongan melalui Metode Problem Based Learning (PBL). Jurnal Education and Economics, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965.

Underhill, E. (2018). Mysticism: A Study in the Nature and Development of Man’s Spiritual Consciousness. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315124308

Uno, H. B. (2022). Landasan pendidikan. Bumi Aksara.

Wardana, G. A. K., Edy Sujana, S. E., & Wahyuni, M. A. (2017). Pengaruh Pengendalian Internal, Whistleblowing System dan Moralitas Aparat terhadap Pencegahan Fraud pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.12161.

Yuliyanti, N. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter. Cakrawala Pendas, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.329. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.329

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714/2590.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Rusmiati, N. M. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar PPKn dengan Optimalisasi Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(2), 195–200. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45509

Issue

Section

Artikel