Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Pendekatan Kontekstual, Spatial Thinking SkillsAbstract
Kurang menariknya pembelajaran geografi menyebabkan rendahnya Spatial thinking skills siswa. Berkenaan dengan itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan Spatial thinking skills siswa melalui penerapan metode demonstrasi berpendekatan kontekstual. Tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat langkah (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi). Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan tes, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi berpendekatan kontekstual dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan Spatial thinking skills siswa dari 20.26/rendah (kondisi awal) menjadi 29.30/sedang (siklus 1), dan 36.56/tinggi (siklus 2). Hal itu didukung oleh peningkatan aktivitas belajar siswa dari 25% (siklus 1) menjadi 85% (siklus 2) dan hasil belajar siswa dari rata-rata 67.30 (siklus 1) menjadi 75.87 (siklus 2). Dengan demikian berarti metode demonstrasi berpendekatan kontekstual dapat meningkatkan Spatial thinking skills siswa dalam pembelajaran geografi sejalan dengan aktivitas dan hasil belajarnya. Keberhasilan pengimplementasian metode demonstrasi berpendakatan kontektual dalam PTK ini adalah melalui upaya menumbuhkan motivasi dan kesiapan siswa untuk belajar sehingga pemikiran kritisnya dapat ditumbuhkan dalam menguasai Spatial thinking skills dalam pembelajaran geografi.
References
Alhamuddin, & Bukhori. (2016). The Effect of Multiple Intelligence-Based Instruction on Critical Thinking of Full Day Islamic Elementary Schools Students. Journal of Islamic Education, 21(1), 31–40. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/590/pdf/. DOI: https://doi.org/10.19109/td.v21i1.590
Angriani, P., Adyatma, S., Rahman, A. M., & Saputra, A. N. (2020). Peningkatan Kompetensi Spasial melalui Pembuatan Peta bagi Guru Geografi SMA di Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1922. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1922
Asiyah, S., Putri, M. K., Heldayani, E., Oktavia, M., Chairunisa, E. D., & Aryaningrum, K. (2020). Pemanfaatan Seni Kartografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sma Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 12–15. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.14838. DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.14838
Bando, U. D. M. A., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 81–90. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1695.
Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019
Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 211–221. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2139. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2139
Chen, S. Y., Chang, H. C., & Pai, H. C. (2018). Caring behaviours directly and indirectly affect nursing students’ critical thinking. Scandinavian Journal of Caring Sciences, 32(1), 197–203. https://doi.org/10.1111/scs.12447. DOI: https://doi.org/10.1111/scs.12447
Dewi, Y. K. S., Handoyo, B., & Purwanto, P. (2021). Model problem based learning dengan geospatial information: Implementasi dalam pembelajaran Geografi dengan untuk kemampuan spatial thinking. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(3), 388–398. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398. DOI: https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398
Febrina, D. I. (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338–338. https://doi.org/10.24036/student.v2i1.81. DOI: https://doi.org/10.24036/student.v2i1.81
Ginting, S., & Zulmiyetri, Z. (2018). Efektifitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Smoothies bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 37–42. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101617.
Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272. DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272
Hasanah, A. (2018). Mengajarkan Shalat pada Anak Melalui Metode Demonstrasi, Tanya Jawab, dan Pembiasaan. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 13–28. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/20.
Hendra, H., Pratama, M. I. L., Lahay, R. J., & Hasriyanti, H. (2021). Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529–536. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.251. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.251
Henukh, A., Simbolon, M., & Budiman, N. A. (2019). Deskripsi Sistem Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kontekstual. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i1.2235.
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan hasil belajar fisika melalui penggunaan metode demonstrasi dan media audiovisual pada siswa kelas x man 4 jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60. DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60
Hidayanti, I. H., Sumarmi, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1222–1228. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730
Indriana, A., Yusuf, M., Maru, R., & Saputro, A. (2021). Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi untuk mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik. LaGeografia, 19(3), 284–301. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i3.14718. DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i3.14718
Khafid, S. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18774. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18774
Khasinah, S. (2013). Classroom action research. Pionir, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.159
Kryshko, O., Fleischer, J., Grunschel, C., & Leutner, D. (2021). Self-efficacy for motivational regulation and satisfaction with academic studies in STEM undergraduates: The mediating role of study motivation. Learning and Individual Differences, 93(January 2021), 102096. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102096. DOI: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102096
Kumalawati, R., Riadi, S., & Febriyan, G. M. S. (2020). Pemanfaatan Data Geospasial dalam Proses Pembelajaran Geografi Pada Kondisi Bencana Covid-19. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 1(1), 20–29. https://doi.org/10.20527/jgp.v1i1.2294. DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v1i1.2294
Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif SiswaBakti, Iriani Iriani, Rilia. Vidya Karya, 33(1), 1. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5388. DOI: https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5388
Mustikarani, W., & Ruhimat, M. (2018). Kelemahan dan Keungulan Implementasi Authentic Assesment dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 147–153. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13526. DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13526
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031
Nofirman, N. (2019). Studi Kemampuan Spasial Geografi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(2), 11–24. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/566.
Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 113–127. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i1.13608. DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i1.13608
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743
Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.14706. DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.14706
Rahayu, S. T., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa melalui penerapan Project Based Learning dengan menggunakan platform google classroom. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 68–80. https://doi.org/10.17977/um063v2i1p68-80. DOI: https://doi.org/10.17977/um063v1i3p336-349
Safitri, F., Ap, A. R., & Tumober, R. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Spasial Geografi Melalui Pelatihan Seni Kartografi Pada Siswa SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3045–3055. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5421.
Sandria, T. M. (2019). Kategori Pertanyaan Berpikir Spasial Di Dalam Buku Teks Geografi Sma Kelas Xii Terbitan Erlangga. JURNAL BUANA, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.24036/student.v3i1.294. DOI: https://doi.org/10.24036/student.v3i1.294
Schwinger, M., & Otterpohl, N. (2017). Which one works best? Considering the relative importance of motivational regulation strategies. Learning and Individual Differences, 53, 122–132. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.12.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.12.003
Shea, P., & Bidjerano, T. (2010). Learning presence: Towards a theory of self-efficacy, self-regulation, and the development of a communities of inquiry in online and blended learning environments. Computers and Education, 55(4), 1721–1731. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.07.017. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.07.017
Silberman, D., Carpenter, R., Takemoto, J. K., & Coyne, L. (2021). The impact of team-based learning on the critical thinking skills of pharmacy students. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 13(2), 116–121. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008
Simamora, R. E., & Saragih, S. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://eric.ed.gov/?id=EJ1227360. DOI: https://doi.org/10.12973/iejme/3966
Subhani, A., & Agustina, S. (2018). Pengembangan lembar kerja spatial thinking to solving problem pada program studi pendidikan geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 2(2), 41–52. https://doi.org/10.29408/geodika.v2i2.1105. DOI: https://doi.org/10.29408/geodika.v2i2.1105
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364. DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
Syahputri, N. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2(1). https://doi.org/10.1234/jsik.v2i1.88.
Watini, S. (2019). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Yusmiono, B. A. (2018). Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Universitas PGRI Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2148.
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
Zakiy, W. W., Handoyo, B., & Hartono, R. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik XII MAN 1 Trenggalek. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(3), 250–258. http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/2081.