Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan LKS Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • I Ketut Suartika SD Negeri 1 Dukuh, Karangasem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45668

Keywords:

STAD, LKS Kontekstual, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Hasil belajar Matematika untuk kelas II masih tergolong rendah karena masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement  Division  (STAD) berbantuan LKS kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II berjumlah 36 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS), kuis dan tes  kognitif diakhir siklus. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuntitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 72,85 dengan ketuntasan 77,78% pada siklus I menjadi  sebesar 80,03 dengan ketuntasan 86,11% pada siklus II. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD. Implikasi penelitian ini diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan LKS Kontekstual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005.

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905.

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.

Aprilia, D. A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan Lks Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 52–61. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311.

Diah Fitasari, N. P., Suniasih, N. W., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313.

Erly. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960.

Firdaus, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 96–104. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i1.255.

Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate business students’ perceptions of learning outcomes in problem based and faculty centered courses. International Journal of Management Education, 16(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.004.

Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154.

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245.

Larasati, F. (2018). Student Centered Learning: an Approach To Develop Speaking Skill in Efl Classroom. English Community Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1004.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Novita, D., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Pembelajaran Materi Segitiga Di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1 – 12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12.

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pokok bahasan tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. The Journal of Economic Education, 4(1), 14–19. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/6834.

Piper, B., Zuilkowski, S. S., Kwayumba, D., & Strigel, C. (2016). Does technology improve reading outcomes? Comparing the effectiveness and cost-effectiveness of ICT interventions for early grade reading in Kenya. International Journal of Educational Development, 49, 204–214. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.03.006.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898.

Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508–515. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515.

Putra, S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11076.

Putri, S. A. L. E., Prawiyogi, A. G., & Asmara, A. S. (2021). Analisis Model Cooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(1), 456 – 463. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.785.

Rapanta, C. (2021). Can teachers implement a student-centered dialogical argumentation method across the curriculum? Teaching and Teacher Education, 105. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103404.

Rofi’ah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145–153. https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396.

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860.

Sunarti, S., & Rachman, D. (2018). The Effectiveness of Flip Classroom with Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Method to Teach Reading Viewed from Students’ English Learning Interest. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 3(2), 183. https://doi.org/10.24903/sj.v3i2.246.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.

Suparmini, Made. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450.

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Suartika, I. K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan LKS Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 425–432. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45668