Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Menerapkan Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Masa Pandemi Covid -19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45808Keywords:
Hybrid learning, Keterampilan BerbicaraAbstract
Penerapan pembelajaran dalam jaringan menyebabkan kurangnya antusias belajar siswa dan rendahnya keterampilan berbicara bahasa inggris siswa. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk menganalisis keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui penerapan pembelajaran berbasis Hybrid learning pada siswa kelas X. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menetapkan setting dua siklus sesuai dengan karakteristik materi. Penelitian pada masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan. Penerapan Model Pembelajaran Hybrid learning menerapkan 2 kegiatan yang meliputi kegiatan pembelajaran secara daring dan tatap muka terbatas. Jumlah siswa di dalam kelas di bagi menjadi dua yaitu absen ganjil dan absen genap. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, evaluasi, dan response siswa. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil study awal sebelum penerapan hybrid learning ketuntasan belajar hanya 54.84%. Pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan dengan ketuntasan belajar mencapai 84,2%. Pada siklus 2 juga menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar mencapai 94,7%. Data hasil tindakan siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan Hybrid learning dalam meningkatkan hasil belajar dan persentase standard ketuntasan minimal sangat signifikan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas X.
References
Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
ahmad jazuly, M. P. (2016). Peran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 33–40. http://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/89.
Arief, K., & Ahyar, J. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social Distancing terhadap Kesehatan dalam Pendekatan Linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–18. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76. DOI: https://doi.org/10.1155/2015/420723
Aristika, A., & Juandi, D. (2021). The Effectiveness of Hybrid Learning in Improving of Teacher-Student Relationship in Terms of Learning Motivation. Emerging Science Journal, 5(4), 443–456. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288. DOI: https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288
Arrosagaray, M., Gonzálezo, M., Pino, M., & Rodríguez, B. (2019). A Comparative Study of Spanish Adult Students’ Attitudes to ICT in Classroom, Blended and Distance Language Learning Modes. Computers and Education, 134(October 2018), 31–40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016
Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1044–1053. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.195
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) sebagai Media Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312. DOI: https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
Hourri, M., & Alaa, N. (2022). Hybridization of Neural Networks and Sine Cosine Algorithm for an Optimal Neural Network Architecture Applied to Prevent Heart Attacks. International Journal Of Online And Biomedical Engineering, 18(5). https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i05.29463. DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i05.29463
Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 1(1), 10–16. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/5. DOI: https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5
Long, J., Mou, J., Zhang, L., Zhang, S., & Li, C. (2021). Attitude Data-Based Deep Hybrid Learning Architecture for Intelligent Fault Diagnosis of Multi-Joint Industrial Robots. Journal of Manufacturing Systems, 61, 736–745. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2020.08.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2020.08.010
Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.
Ramdhani, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Schoology untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2). https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.24 967. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19979
Ranganathan, S., Negash, S., & Wilcox, M. (2007). Hybrid Learning: Balancing Face-To-Face and Online Class Sessions. Proceedings of the 2007 Southern Association for Information Systems Conference, 178–182.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Saichaie, K. (2020). Blended, Flipped, and Hybrid Learning: Definitions, Developments, and Directions. New Directions for Teaching and Learning, 2020(164), 95–104. https://doi.org/10.1002/tl.20428. DOI: https://doi.org/10.1002/tl.20428
Siregar, I. Y., Susilo, H., & Suwono, H. (2017). Pengaruh Think-Pair-Share-Write Berbasis Hybrid Learning terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA negeri 3 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 183–193. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4217. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4217
Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid Learning on Problem-Solving Abiities in Physics Learning: A Literature Review. In Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012021. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1796/1/012021/meta. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012021
Wahyono, P. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113