Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa SMK

Authors

  • Imtikhanah Imtikhanah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sewon, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45879

Keywords:

Student Teams Achievement Divisions, Pembelajaran Jarak Jauh, Konsentrasi belajar, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya konsentrasi belajar dan terlalu besarnya dominasi guru dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsetrasi belajar dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode demonstrasi pada pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang diadopsi dari model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus sebanyak 3 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 24 orang siswa sekolah menangah kejuruan kelas XII Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (KKBT) 2. Konsentrasi belajar dinilai menggunakan lembar observasi dan hasil belajar dinilai menggunakan soal tes. Konsentrasi belajar dan hasil belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase. Konsentrasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 75% dan meningkatkan sebesar 13% menjadi 88% pada siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 75% dan meningkat sebesar 17% menjadi 92% pada siklus 2. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa.

References

Al-Haq, T. S., Ahyani, N., & Suryani, I. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Mesuji. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277. DOI: https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277

Arisman, A., & Permanasari, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. EDUSAINS, 7(2), 179–184. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676

Arki, A. K. H., Auliah, A., & Dini, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(2), 76–84. https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899

Firdaus, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(1), 96–104. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i1.255.

Ismawati, R. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Kriya Tekstil Batik Jumput pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 41–46.

Kadang, S. A., & Nainggolan, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Gelombang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Kurniah, N., Basir, F., & Ikram, M. (2018). Pola Interaksi Siswa dalam Belajar Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal melalui Pembelajaran Kooperatif. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 105–125.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Riski, R. D., Ismaini, E., & Utomo, A. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 166–173. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.166-173

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 6 Salatiga. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073

Murtihapsari, M., Patandean, S. N., & Yogaswara, R. (2021). Ulasan: Keberhasilan Belajar Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 38–48. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.7996. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.7996

Nainggolan, A. D., Sipayung, R. R., Barus, D. P., Sihombing, R. A., & Siahaan, K. W. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bunyi. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 63–70. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10272

Naziah, R., Caska, C., Nas, S., & Indrawati, H. (2020). The Effects of Contextual Learning and Teacher’s Work Spirit on Learning Motivation and Its Impact on Affective Learning Outcomes. Journal of Educational Sciences, 4(1), 30. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.30-43. DOI: https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.30-43

Ningrum, M. S. N. S., Mareza, L., & Nugroho, A. (2019). Peran Guru Kelas dalam Pelayanan Bimbingan Konseling sebagai Motivasi Berprestasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Psyche, 13(2), 98–107. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i2.704. DOI: https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i2.704

Palinussa, A. L., & Thaib, A. (2020). Mengkaji Perbedaan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VIII SMP dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Konvensional ditinjau dari Level Sekolah. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(1), 023–030. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp023-030. DOI: https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp023-030

Pariyanti, E. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Kompetensi Membuat Desain Ragam Hias untuk Batik Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 4 Madiun. Jurnal Tata Busana. Jurnal Tata Busana, 3(1), 100–109.

Pradevi, A. F., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.269. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.269

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033

Prayitna, R. S. H. (2018). Pembelajaran STAD Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Memprogram Mesin CNC. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 124–133. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391

Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508–515. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515

Putri, K. C., & Sutriyono, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295–306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358

Rahman Arapa, Z. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1155–1164. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1155-1164.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1155-1164.2021

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Reni, S. A., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 270–279. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Riyanto, R. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Devision Tahun Pelajaran 2019/2020. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1120–1126. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i6.1161. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i6.1161

Rofi’ah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 145–153. https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396

Setiawan, H., Rusmiati, R., & Ismail, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivment Division (STAD) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 5(01), 16–23. DOI: https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1166

Sugianti. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe STAD pada Pokok Bahasan Statistika di kelas XII SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja Tahun Ajaran 2020/ 2021. Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT], 1(1), 29–34.

Sulastri, P., Pratiwi, H. Y., & Aji, S. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 113–120.

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Telaumbanua, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 173–177. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1903. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1903

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166

Widiawati, C. I. M. K. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Daring melalui Supervisi Akademik Guru di SMA Negeri 7 Denpasar. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 22(1), 115–126.

Wiguna, R. I., Menap, H., Alandari, D. A., & Asmawariza, L. H. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Surya Muda, 2(1), 18–26. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.48. DOI: https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.48

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Zanuarista, L., & Sulistyowati, S. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Rangka Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis an Manajemen), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i1.1532. DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i1.1532

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Imtikhanah, I. (2022). Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Education Action Research, 6(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45879

Issue

Section

Artikel