Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46037Keywords:
Prestasi Belajar, Media vidio, PTKAbstract
Semenjak diberlakukan pembelajaran jarak jauh di era pandemi Covid-19, terjadi penurunan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media belajar video pada materi Laporan Keuangan dan Analisa Laporan Keuangan. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 pertemuan. Penelitian tindakan ini melibatkan 31 orang siswa (8 laki-laki dan 23 Perempuan) sebagai responden. Seluruh responden berasal dari kelas XII Multimedia SMK Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 15 poin dari 75 pada pra-siklus menjadi 90 pada siklus 2. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mengalami peningkatan sebesar 32% dari 58% yang tuntas pada pra-siklus menjadi 90% pada siklus 2. Jadi, penggunaan media video mampu meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada materi Laporan Keuangan dan Analisa Laporan Keuangan.
References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orang Tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Ahrari, S., Samah, B. A., Hassan, M. S. H. Bin, Wahat, N. W. A., Zaremohzzabieh, & Z. (2016). Deepening Critical Thinking Skills through Civic Engagement in Malaysian Higher Education. Thinking Skills and Creativity, 22(121–128). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.009
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034.
Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/Peran-Dan-Fungsi-Teknologi-Dalam-Peningkatan-Kualitas-Pembelajaran.pdf.
Apandi, A. (2020). Pendekatan Resolusi Konflik dalam Upaya Pencegahan Konflik Regional pada Era Digitalisasi. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 2(1), 94–100. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.6414. DOI: https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.6414
Ardiansah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 56–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.833. DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.833
Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249. DOI: https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139
Ekawati, F. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 1–22. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5006. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5006
Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M. Z., & Suryanda, A. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Fitrianingsih, R., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/ffej.v4i1.7793.
Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordiana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 688–698. https://doi.org/10.31980/tp.v3i2.416.g405.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Kartika, M., Erik Aditya Ismaya, & Muhammad Noor Ahsin. (2021). Analisis Pembelajaran Daring di SD 2 Tenggeles Mejobo Kudus pada Masa Pandemi Covid-19. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 41–56. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5906. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5906
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123
Khotimah, S., Taufiq, M., & Perwita, D. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring. Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X, 401–408.
Mamin, R., & Arif, R. N. H. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah IPA Sekolah. Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual, 348–352.
Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800
Mukaromah, W., Sudadio, S., & Sholih, S. (2021). Pengembangan Media Video Interaktif pada Layanan Informasi Karir Siswa SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 6(2), 45–56. https://doi.org/10.30870/jpbk.v6i2.13923.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.
Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 401–414.
Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147. DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147
Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 183–204. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329
Salahudin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13. https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/download/18/9.
Sitaresmi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kreatif Online, 9(2), 166–173. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko/article/view/1107/996.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68 – 76. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2839. DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839
Wijoyo, H. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau di Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4(3), 396–404. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2 34. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.234
Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2002.
Zati, V. D. A. (2020). Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris secara Daring bagi Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 10(3), 112–118. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.22869. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.22869