Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Komitmen Kerja Guru

Authors

  • Ni Luh Ratnadi SD Negeri 1 Astina

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46755

Abstract

Komitmen kerja menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan kerja seseorang pegawai termasuk guru. Hanya saja kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa komitmen kinerja guru masih rendah, sehingga membutuhkan supervisi klinis sebagai bentuk pengawasan kepala sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan komitmen kerja guru melalui proses supervisi klinis. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam dua siklus penelitian. Pada masing-masing siklus penelitian terdapat empat tahapan pelaksanaan yang terdiri atas perancanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan proses refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 16 orang guru sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan instrumen berupa lembar angket komitmen kerja guru yang dibuat menggunakan skala likert 1-5 sehingga data yang diperoleh berupa skor. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data analisis statistik yaitu metode analisis statistik dektiptif dan metode analisis statistik inferensial. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prasiklus sebesar   128,56 dengan kategori sedang, meningkat pada siklus I rata-ratanya menjadi 151,25 dengan kategori tinggi, dan meningkat lagi pada siklus II rata-ratanya menjadi 176,81 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan komitmen kerja guru sekolah dasar.

References

Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Agustina, D. R., & Wibawa, R. P. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Aryani, I. K. (2019). Integrasi Pendidikan Lalu Lintas di Sekolah. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(1), 40. https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.40-54. DOI: https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.40-54

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/57/51.

Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i2.47.

Gusnilawati, H., & Hadiyanto, H. (2021). Pelaksanaan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1). http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8759. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10208

Hasibuan, A. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Peningkatan Kinerja Guru dalam Upaya Pencapaian Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(02), 149–159. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.23. DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.23

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94. DOI: https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905

Kusumawati, G. A. (2020). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Komitmen Kerja Guru. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 117. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985

Kuswandi, W. (2022). Penerapan Supervisi Klinis Kepala Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar di SDN Masigit II. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 315. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7222. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.7222

Latinapa, M. M., Arsyad, A., & Suking, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, dan Komitmen Kerja Guru terhadap Pengendalian Konflik di SDN Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Normalita, 9(3), 386–401. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/983.

Magdalena, I., Septina, Y., Zahra, R. A., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara Mengembangkan Bakat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3). https://doi.org/10.36088/bintang.v2i3.965.

Maimunah. (2018). Peran Sekolah Unggul sebagai Pengembangan Sumber Daya Manusia. Human Sustainability Procedia, 7–8. https://publisher.uthm.edu.my/periodicals/index.php/hsp/article /view/1238/494.

Marius, M. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SD Negeri 4 Penyak Lalang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 95–106. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.669. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.669

Masmin, D. N. (2020). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(4), 508. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648

Mulyaningsih, Y. (2020). Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD dalam Menyusun RPP. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 521–534. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.755. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.755

Nurbaity, A. L., & Dewi, D. A. (2021). Paradigma Baru bagi Pendidikan Masa Depan Indonesia. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(01), 15–24. http://journal.civiliza.org/index.php/ijois/ article/view/18/15.

Nurcholiq, M. (2018). Supervisi Klinis. Journal Evaluasi, 1(1), 1. https://doi.org/10.32478/evaluasi .v1i1.62. DOI: https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199

Ritonga, T. N. (2021). Pengalaman dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 195–216. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.463. DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.463

Saidu, N. (2021). Pengelolaan Supervisi Klinis Pengawas, Pendekatan “Pas” bagi Peningkatan Kinerja Guru Tipe Guru (Analytical Observer). Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 115–123. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.550. DOI: https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.550

Sari, R. S., & Suhaili, N. Y. (2020). Pengaruh bakat terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Ensiklopedia of Journal, 3(1). https://doi.org/10.33559/eoj.v2i5.583. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8526

Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1). https://doi.org/10.24014/ijiem.v4i2.13057.

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Wahyuni, T. (2021). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah guna Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelola Administrasi Kelas di SD Negeri 42 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 8(2), 264. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3561. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3561

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Ratnadi, N. L. (2022). Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Komitmen Kerja Guru . Journal of Education Action Research, 6(2), 188–194. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46755

Issue

Section

Artikel