Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas, Respon, dan Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.47089Abstract
Pengembangan pendidikan agama Hindu belum optimal, sehingga diperlukan perbaikan dan peningkatan, baik sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada pelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pakerti siswa kelas IX/C. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX/C yang berjumlah 30 orang. Data tentang aktivitas dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, metode tes, dan metode angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu, dan BP Pada siklus I, II, dan III rata-rata aktivitas belajar siswa berturut adalah 70,55 (Cukup Aktif), 75,75 (Cukup Aktif), dan 85,56 (Aktif). Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus III mengalami peningkatan 15,01%. Respon siswa pada penerapan model pembelajaran Jigsaw pada siklus I sebesar 35,9, meningkat menjadi 39,73 pada siklus II, dan pada siklus III sebesar 45,73. Terdapat peningkatan dari siklus I sampai siklus III sebesar 9,83 termasuk dalam kriteria Sangat Positif. Jadi, penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
References
Andoko. (2020). Peningkatan HOTS dan Prestasi Belajar melalui Metode Inkuiri Kelas 7C SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1). https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134. DOI: https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134
Asriningsih, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2327.
BA, J. A., & MD, M. M. (2020). Jigsaw Group-Based Learning in Difficult Airway Management: An Alternative Way to Teach Surgical Didactics. Journal of Surgical Education, 77(4), 723–725. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.02.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.02.003
Dewi, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatakan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 112–120. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147. DOI: https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147
Edriati, S., Anggraini, V., & Siska, M. (2015). Efektivitas Model Jigsaw Disertai Penilaian Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4833. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4833
I Ketut Nirta. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.181
Jumriani, Syaharuddin, Hadi, N. T. F. W., Mutiani, & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111.
Karta, I. W., Rachmayani, I., & Rasmini, N. W. (2021). The Influence of Cooperative Learning Through Authentic Assessment-Based Jigsaw on Social Development of Early Childhood. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.34353. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.34353
Leniati, B., & Indarini, E. (2021a). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359
Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735
Mariyana, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA tentang Tata Surya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 787–792. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54403. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54403
Masrifatin, Y. (2015). Dominasi Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Ranah Kognitif Afektif dan Psikomotor. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 129–145. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i1.755.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Pramono, H., & Nana. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Journal of Physics Education and Apllied Physics, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.812.
Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215.
Rahayu, N., W., B., Suma, K., & Arnyana, I., B., P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kooperatif JIGSAW Berbantuan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPA dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215
Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 113–144. https://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313
Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Biologi di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 15. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.302. DOI: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.302
Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama.” Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018. DOI: https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018
Sunilawati, N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526