Keterampilan Komunikasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat pada Siswa Vokasi

Authors

  • Ratna Trisiyani SMK Negeri 1 Bantul, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.47279

Keywords:

Keterampilan komunikasi, Pembelajaran kooperatif, Tipe Debat

Abstract

Kurang terlatih dalam mengemukakan pendapat atau gagasan di depan umum dan tulisan, sehingga kemampuan mereka masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi mata pelajaran OTKP Humas Dan Keprotokolan melalui pembelajaran kooperatif tipe debat di SMK. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian sebanyak 31 siswa kelas XI OTKP. Tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe debat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi Humas dan Protokol OTKP. Nilai rata-rata pre-test siklus 1 sebesar 48,7 dan post-test 77,1. Nilai rata-rata pre-test siklus 2 sebesar 54,5 dan post-test 97,1. Nilai rata-rata keterampilan siklus 1 sebesar 94,2, dan nilai keterampilan rata-rata siklus 2 sebesar 96,4. Sebanyak 31 siswa dinyatakan telah kompeten dari KKM 75. Keberhasilan proses ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi, antusias untuk bertanya, semangat untuk menjawab pertanyaan, tanggungjawab dalam menjawab hingga tuntas. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan metode debat aktif dapat meningkat keterampilan Komunikasi siswa vokasi.

References

Aka, K.. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041.

Amalia, N. R., Hidayah, N., & Irwandani, I. (2020). Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Debat Aktif. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8043.

Aninta, D. C., & Rusijono. (2015). Penerapan Metode Active Debate pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Konflik, Kekerasan dan Upaya Penyelesaiannya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Lisan Siswa Kelas XI di SMAB 1 Glagah Banyuwangi. JATP, 6(1), 8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/11311.

Ariyantin, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Di SDN Karangbendo 01 Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Praktek Dan Sistem Umpan Balik. Jurnal Merdeka Mengajar (JMM), 1(1), 21–26. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/628.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Learning and Instruction. Rineka Cipta.

Huda, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktek. Pustaka Pelajar.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Mahardika, A., & Wulandari, S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berbicara Pada KD Menerapkan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan Kelas XI OTKP di SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 7(3), 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/29210.

Mashudi, M., & Kholis, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Dengan Metode Active Debate Terhadap Hasil Belajar Pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 747–751. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/12449.

Pramono, H., & Nana. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Journal of Physics Education and Apllied Physics, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.812.

Purwanti, I. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video dengan Metode Resitasi. Journal of Education Action Research, 6(2), 160–167. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.43917.

Qoyim, T. (2018). Otomatisasi Tata kelola Humas dan Keprotokolan. Yudhistira.

Rachmawati, E., Sulistiyani, T., Mufidah, L., & Pardjono, P. (2021). Relevansi kemitraan SMK kejuruan boga dengan dunia industri dalam meningkatkan keterampilan kerja. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 95–102. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7237.

Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: Pentingnya Soft Skill untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 298. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.298-305.

Sanjaya, W. (2019). Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. https://doi.org/2008.

Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sibarani, B. (2022). Strategi Meneliti dan Mengajar Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pascal Books.

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik Pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.826.

Sinambela, E. A., Al Hakim, Y. R., & Irfan, M. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Dan Komunikasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. RELASI : JURNAL EKONOMI, 15(2), 308–320. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i2.314.

Slavin, E. R. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Delapan). PT Indeks.

Sudjimat, D. A., Sugandi, R. M., & Mariana, V. E. (2021). Kontribusi Iklim Kelas, Motivasi Berprestasi dan Pengalaman PKL terhadap Kompetensi Keahlian serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Edu Komputika Journal, 8(2), 100–109. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.51031.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114.

Wagu, E. Y, & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69–76. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828.

Wagu, Eleonora Yosephina, & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69–76. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828.

Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Amirudin, A. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 99 – 116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.586.

Witari, L. . P. I., & Putra, M. (2020). Pengaruh Active Debate Bermuatan Masalah Dilematis Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 302–308. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27290.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Yarmayani, A., & Afrila, D. (2018). Analisis Faktor Lingkungan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 135. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.95.

Zainuddin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Debat Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kecematan Bara Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 139–150. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i2.401.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Trisiyani, R. (2023). Keterampilan Komunikasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat pada Siswa Vokasi. Journal of Education Action Research, 7(2), 215–221. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.47279

Issue

Section

Artikel