Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbasis Video Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.47283Keywords:
Model explicit intruction, Video powerpoint, Hasil belajar siswaAbstract
Kurangnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran menjadi indikasi akan hal tersebut, dan rendahnya hasil belajar siswa tentunya dipengaruhi oleh menurunnya semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Prakarya melalui model pembelajaran Explicit Instruction berbasis video powerpoint Peserta didik Kelas VIII B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 31 (tiga puluh satu) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan primary data (data Utama), dan supporting data (data pendukung) berupa tes tertulis, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ini hanya 48 % siswa memperolah nilai KKM dan di atas KKM. Pada siklus 2 sebanyak 28 siswa atau 90% dari jumlah keseluruhan siswa telah memenuhi batas KKM. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Vidio Powerpoint dianggap sangat tepat digunakan pada proses pembelajaran Prakarya. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran vidio powerpoint, keaktifan dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Prakarya.
References
Aminah, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis al Qur’an pada Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 177–196. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.177-196.
Anwar, A. S., & Lapenia, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sembawa. Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.33222/jlp.v4i1.488.
Arifin, M. S., & Yanuartuti, S. (2021). Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Saat Masa Pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Taman. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(2), 59–64. https://doi.org/10.24821/ars.v24i2.4683.
Ariyantini, K. Y., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/JP2.V5I2.47146.
Baker, J. P., Goodboy, A. K., Bowman, N. D., & Wright, A. A. (2018). Does teaching with PowerPoint increase students’ learning? A meta-analysis. Computers & Education, 126, 376–387. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.003.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.
Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
Illahi, T. A. R., Rahmawati, I., & Setyawan, A. (2021). Pemanfaatan Media Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2), 130–141. https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.11.
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449.
Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765.
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Tambelangan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 149–154. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2467.
Katu, M. A., Ahmad, A. A., & Subiantoro, B. (2019). Learning Materials Hand Craft of Clay Powder for Class VIII SMPN 3 Anggeraja Enrekang. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 6(2), 24. https://doi.org/10.26858/tanra.v6i2.11308.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Khan, K., Nelson, K., & Whyte, E. (2014). Children choose their own stories: The impact of choice on children’s learning of new narrative skills. Journal of Child Language, 41(4), 949–962. https://doi.org/10.1017/S0305000913000160.
Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387.
Maharani, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Explicit Instruction Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bae. Universitas Muria Kudus.
Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes Through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997.
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771.
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840.
Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050.
Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Model Discovery Learning pada Materi Fungsi Invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285–296. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.476.
Sarwono, R. (2022). Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 69–73. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p69-73.
Sibagariang, S. M, Hasibuan, A., & Silaban, P. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2189–2198. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.586.
Sibagariang, Suratih Melianni, Hasibuan, A., & Silaban, P. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2189–2198. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.586.
Suroto. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Trainer PLC untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Merakit Sistem PLC. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 316–323.
Windaresa, L. P., & Suwendra, I. W. (2022). Penerapan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.36663/wspah.v4i2.285.
Windra, I. M. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Journal of Education Action Research, 4(3), 286–292. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Nur Amanati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.