Penerapan Project Based Learning Berorientasi Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Membuat Laporan Keuangan pada Siswa Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.48889Keywords:
Project Base Learning, Laporan Keuangan, Hasil Belajar KognitifAbstract
Rendahnya aktivitas belajar siswa menyebabkan kemampuan membuat laporan keuangan menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh siswa sekolah menengah kejuruan pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat laporan keuangan dan hasil belajar melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini termasuk dalam jenis kuasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Responden terdiri atas 36 orang siswa perempuan kelas XI OTKP 1 SMK Negeri yang dipilih menggunakan teknik undian kelas yang diampu oleh peneliti. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda dan lembar cek list. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan model deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan membuat laporan keuangan pada siswa SMK. Jadi, model PjBL sangat sesuai untuk diterapkan di sekolah kejuruan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan membuat laporan keuangan.
References
Adi Putra, S. (2021). Meningkatkan Hasil Bimbingan TIK melalui Implementasi Project-Based Learning Berfasilitas Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 187. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.36067.
Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167–176. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241.
Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277.
Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. WILANGAN : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414.
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225.
Elisabet, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jear: Journal of Educational Action Research, 3(3), 285–291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448.
Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 24–47. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2028.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642.
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.
Hasanah, N., Ajie, D. P., & Sufiati, V. (2021). Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Pos PAUD Permata Surakarta. Jurnal Cikal Cendekia, 01(02), 17–27. https://doi.org/10.31316/jcc.v1i2.1277.
Hendra, W., Arsa, P. S., & Krisnawati, L. (2017). Penerapan Model PjBL Pelajaran Teknik Kerja Perbengkelan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XTAVI SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2), 75–85. https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20233.
Huang, W., Li, X., & Shang, J. (2022). Gamified Project-Based Learning: A Systematic Review (pp. 313–324). https://doi.org/10.1007/978-3-031-08939-8_27.
Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838.
Khasanah, S. U., & Darsinah. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar PGSD, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468.
Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp207-220.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.
Laili, G., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.
Mahadewi, L. P. P., Tegeh, I. M., & Sari, G. A. P. P. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Prakarya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Mimbar Ilmu, 24(2), 194. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258.
Maslahah, W., & Rofiah, L. (2022). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Project Based Learning di dalam Perkuliahan Sejarah Lokal. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 5014–5024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2905.
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362.
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260.
Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239.
Sonia, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413.
Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2018). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.
Uang, Y. (2018). Menakar Eksistensi Guru: Antara Konsep dan Realita dalam Standar Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 237–245. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.77.
Vania, A. S., Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., & Prihantini. (2021). Revitalisasi Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas di Daerah Terdepan, Terluar, Dan Tertinggal (3t) pada Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1587.
Yamin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2).
Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Edi Budiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.