Model Pembelajaran Berbasis Investigasi Lingkungan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik dalam Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Sri Dharmawati SD Negeri 1 Astina, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49525

Keywords:

Investigasi, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Tematik

Abstract

Siswa kurang aktif dalam menanggapi permasalahan-permasalahan yang disampaikan oleh guru terkait materi yang diajarkan. Siswa lebih banyak hanya mendengarkan saja apa yang disampaikan oleh guru tanpa memberikan tanggapan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis investigasi lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VI SD yang jumlahnya 29 orang, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata persentase (M%) hasil belajar siswa yang diperoleh yakni dari 65,17% pada prasiklus, menjadi 71,02 % pada siklus I dan menjadi 78,62 % pada siklus II. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,45 %. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis investigasi lingkungan belajar dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajara IPA) siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa dengan optimal.

References

Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859.

Fahrullisa, R., Putra, F., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213.

Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693.

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14.

Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2).

Nuzulia, N. (2017). Efektifitas Modul Tematik Berbasis Qur’an dan Hadist Dengan Buku Paket Tematik Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Religius Siswa Kelas 4. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i1.1516.

Pranata, I. W. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus V Tampaksiring. Mimbar Ilmu Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3135.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032.

Rahmadhani, W., Sardjijo, & Manalu, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Meningakatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7750–7757. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.2520.

Rakhmayanti, E., & Subagio, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Monopoli Tematik Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Sumput Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 2975–2984.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351.

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Dharmawati, I. G. A. P. S. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Investigasi Lingkungan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik dalam Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 361–368. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49525