Penerapan Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Siswa

Authors

  • Ni Luh Sari Merta SD Negeri 1 Pemaron, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49546

Keywords:

Latihan Terbimbing, Hasil Belajar, PJOK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan metode pada proses pembelajaran sehingga motivasi dan minat siswa untuk belajar menjadi rendah yang berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PJOK siswa melalui penerapan metode latihan terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi unjuk kerja dengan instrument berupa lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar PJOK. Hal ini tapak dari rata-rata persen hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 65,22% yang tergolong cukup, siklus I sebesar 70,78% yang tergolong cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 77,67% yang tergolong baik.

References

Aini, H. N., & Taufiq, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(2), 519–525.

Arifin, Z., Saputro, M., Rubiyatno, R., & Lauh, W. D. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Bagi Anak Sd Slb Tunanetra Di Kota Singkawang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 127. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1309.

Daryono, & Almy, M. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Bermain Bolavoli Mahasiswa Melalui Latihan Gaya Self Check. Halaman Olahraga Nusantara, 4(1), 89–99. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5101.

Erliana, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Bermain Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mini. Jurnal Multilateral, 13(1), 53–62. https://doi.org/10.20527/multilateral.v13i1.2462.g2163.

Fajar, M. (2020). Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sma Patra Mandiri 1 Plaju. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1), 90–101. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740.

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6496.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.

Hariadi. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Aspek Sikap Sosial Dalam Pendidkan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(1), 84–96. https://doi.org/10.24114/jik.v16i1.6898.

Juliani, R., Fatmawati, F., & Safaruddin, S. (2019). Efektivitas Metode Latihan Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik kelas VIII di SLB Autisma YPPA Padang. Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103316.

Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. KREDO: JUrnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 6(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v6i1.8256.

Neviantoko, G. Y., Mintarto, E., & Wiriawan, O. (2020). Pengaruh Latihan Fivecone Snake Drill, V-Drill Dan Lateral Two In The Hole,In Out huffle Terhadap Kelincahan Dan Kecepatan. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039.g6746.

Noviarni. (2014). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Mengembangkan LKS Matematika Sekolah Melalui Latihan Terbimbing Di UIN Suska Riau. Edumatica: JUrnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1589.

Nugraheni, M. W. (2016). Pembelajaran Melaporkan Peristiwa Dengan Perlakuan Model Evaluasi Diri Dan Model Latihan Terbimbing Bagi Peserta Didik Kelas Viii Yang Tingkat Kemandiriannya Berbeda. Transformatika: JUrnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 12(2). https://doi.org/10.31002/transformatika.v12i2.193.

Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di Smk Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(15), 2239–2245. https://doi.org/10.15294/active.v4i12.8796.

Permana, A., Firdaus, N. M., Firmansyah, D., & Permana, I. (2019). Implementasi Pemanfaatan Latihan Terbimbing Dan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berbasis Ekologi Das Citarum. Adimas Siliwangi, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p103-112.3258.

Rahmat, D., & Wahidi, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 96–103. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.241.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Rochmawati, Y., & Wahyuni, S. (2017). Au-thentic Assessment in Physics Learning Using Physics Chess Game for Senior High School. International Journal of Learning and Teaching, 3(1), 15–18. https://doi.org/10.18178/ijlt.3.1.15-18.

Subarna. (2015). Perbandingan Pengaruh Metode Bagian Dengan Metode Keseluruhan Terhadap Hasil Pembelajaran Spike Dalam Permainan Bola Voli Pada Ekstrakurikuler Bola Voli Ma Plus Al Munir Kabupaten Sumedang. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 14(2), 187–196. https://doi.org/10.20527/multilateral.v14i2.2477.g2178.

Suprianto, D. (2020). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI SMK Negeri 2 Negara. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34831.

Susilowati, Weda, & Kurniawan, W. P. (2020). Studi Antropometri Cabang Olahraga Bolavoli Pada Klub Bolavoli Pervik Putri Kota Kediri. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 1(1), 7–11.

Syarifudin, A. (1997). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

W, A., Tayeb, T., & Idris, R. (2016). Minimalisasi Kesulitan Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Dengan Penerapan Pola Latihan Terbimbing Kelas Xii Ipa1 Sma Negeri 1 Anggeraja, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a6.

Wijaya, M. A., & Kanca, N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Merta, N. L. S. (2022). Penerapan Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 333–340. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49546