Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Indira Pratiwi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49668

Keywords:

PBL, Audio Visual, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik masih cukup rendah. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Audio Visual. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Audio Visual bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan keterampilan penyelidikan dan pemecahan masalah, mempelajari pengalaman peran-peran orang dewasa, dan meningkat kemampuan berpikir kritis sehingga hasil belajar peserta didik menjadi lebih meningkat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 23 peserta didik. Pengumpulan data berpikir kritis menggunakan lembar observasi dan pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran audio visual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi kemampuan berpikir kritis terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada kategori cukup kritis (8,7%), kritis (43,5) dan sangat kritis (48,8).  Sedangkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada adalah 70. Didapatkan hasil belajar peserta didik mengalami ketuntasan belajar sebanyak 100% atau 23 peserta didik dengan rata-rata kelas sebanyak 88,4.

References

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149.

Anjarsari, E., Donny, D. F., & Abdul, W. A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.

Anshory, I. (2020). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 Nomor1, 3546. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936.

Arta, I. M., Japa, I. G. ., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25435.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). The use of audio visual media to improve student learning outcomes in material relationships between living creatures. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.

Handayani, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4, 1494–1499. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.615.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 42–54. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666.

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Kurniati, D., Khairil, K., & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains …, (2014), 1–7.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.

Lestari, I. D., Halimatusha’diah, H., & Puji Lestari, F. A. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361.

Meilani, D., Aiman, U., Guru, P., Dasar, S., & Kupang, U. M. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419.

Melindawati, S., Apfani, S., & Suryani, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS di PGSD STKIP Adzkia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114255.

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393.

Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 136–143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rediasih, Suwatra, & Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id.

Salmia, & Yusri, A. M. (2021). The Role of Teachers in 21st Century Learning During the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955.

Salsabila, U. H., Sofia, M., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Santoso, S. H., & Mosik, M. (2019). Kefektifan LKS Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA. Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248–253. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35622.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690.

Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865.

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf.

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196.

Susilowati, R., Relmasira, S. C., A Hardini, A. T., Guru Sekolah Dasar, P., & Kristen Satya Wacana, U. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.

Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Media Audio Visual pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 96–105. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7585.

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Maju, 6(1), 80–91. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/309.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Pratiwi, I. ., & Mawardi. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 302–308. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49668