Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivements Division (STAD) Masih Mampu Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas?

Authors

  • Agustinus Suwondo Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.49862

Keywords:

Pembelajaran kooperatif, STAD, Hasil Belajar fisika, One Group Pretest-Postest

Abstract

Hasil belajar fisika siswa masih belum optimal. Hal ini disebabkan pembelajaran ceramah dan diskusi kelompok adalah dua pendekatan yang dipilih untuk digunakan saat menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Sample berasal dari siswa kelas XI MIPA yang dipilih menggunakan simple random cluster sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan didasarkan pada nilai pretest dan posttest. Data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan model N-Gain. Hasil analisis menunjukkan jumlah siswa yang memiliki N-Gain lebih dari 40% sebesar 9%. Jumlah siswa yang memiliki N-Gain kurang 40% dan lebih dari 30% sebesar 9%. Sedangkan jumlah siswa yang memiliki nilai N-Gain antara 20% sampai 30% sebesar 23% dan jumlah siswa yang memiliki N-Gain kurang dari 20% sebesar 59%. Hasil menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa secara individu maupun secara klasikal. Pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman fisika siswa.

References

Armanisah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 1(1), 23–27.

Djoko, S., & Bosso, F. C. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Reciprocal Teaching (RT) dan Namber Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 172–177. https://doi.org/10.5281/zenodo.6558995.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education (Sixth). Mc Graw Hill.

Gulo, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Education and Development, 10(1), 506–510. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.

Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/522.

Hariyono, J. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2), 331. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1283.

Hayat, A. (2017). Kecemasan dan Metode Pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1). https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i1.301.

Ismuhartik, I. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(2), 447–462. https://doi.org/10.28926/jprp.v1i2.157.

Kalensang, A. T., Kaunang, M., & Takalumang, L. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Di SMP Negeri 2 Bitung. KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Seni, 1(12), 1001–1008.

Kartiningsih, F. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya melalui Model Pembelajaran Kooperatf Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VII D Semester 1 SMP Negeri 1 Bulu Tahun pelajaran 2019/ 2020. JURNAL PENDIDIKAN, 30(2), 323. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1284.

Laila, M. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Darul Huda Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Larasati, N., Situmorang, J., & Tambunan, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Untuk Mata Pelajaran IPA SD. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(2), 122. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31377.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Mardiana, D., Teguh Supriyanto, R. ., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519.

Mariani, M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Untuk Siswa SMAN 4 Tebo. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(2), 200–206. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.608.

Maulidi, A. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Alat Peraga Gelas Variabel bagi Siswa SMPN 3 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 9(1), 45. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4330.

Rusdin, M. E., Widodo, & Maruto, G. (2020). Implementation Cooperative Learning Type STAD Assisted Edmodo in Improving Students’ Critical Thinking Skills. Indonesian Review of Physics, 3(1), 30–34. https://doi.org/10.12928/irip.v3i1.1766.

Sari, H. K. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i1.886.

Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826.

Septiana, Y., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Kelas X di SMA Negeri 1 Katingan Hilir. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 33–40. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i2.703.

Silberman, M. (2010). 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif. PT Indeks.

Sirait, L. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Masalah, Fakta Dan Opini Sebuah Artikel Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(2), 179–190. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i2.890.

Sojanah, J., & Kencana, N. P. (2021). Motivasi dan kemandirian belajar sebagai faktor determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/jpm.v6i2.40851.

Sutarto, S., & Hadi, A. P. (2021). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dengan Pembelajaran Model STAD (Student Teams Achievement Division) Dengan Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 1 Pujer Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i1.23131.

Suwondo, A., Sukarelawan, M. I., & Sriyanto, S. (2021). Peningkatan keaktifan belajar fisika rangkaian listrik tertutup sederhana berbantuan powerpoint pada siswa SMA. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Aplikasinya, 12(2), 54. https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i2.20265.

Tampubolon, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Perpindahan Kalor Kelas X Semester II SMK Swasta Teladan Medan TP. 2019/2020. Jurnal Penelitian Fisikawan, 4(2), 14–19.

Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division Siswa Kelas IV SD Negeri 82 Bengkulu. INVENTA, 4(2), 181–189. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2593.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845.

Wardhana, S. O., & Hidayah, R. (2021). E-Modul Interaktif Berbasis Nature of Science (NoS) Perkembagan Teori Atom Untuk Meningkatkan Level Kognitif Literasi Sains Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p34-43.

Yuniarti, D., Abadi, I. B. G. S., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16970.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Suwondo, A. (2023). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivements Division (STAD) Masih Mampu Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas?. Journal of Education Action Research, 7(1), 45–50. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.49862