Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.50283Keywords:
Pendekatan Saintifik, Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Keaktifan siswa dan ketertarikan yang masih kurang dalam pembelajaran merupakan salah satu indikator bahwa siswa masih kurang memiliki motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 14 orang siswa. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes belajar. Metode analisis data dengan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika dinyatakan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dibuktikan terjadi perbedaan data hasil observasi motivasi belajar antara siklus I yaitu jumlah skor motivasi belajar 910 rata-rata 65 dan persentase 65% menjadi jumlah skor 1090 rata-rata 78 persentase menjadi 78% pada siklus II. Hasil belajar antara siklus I yaitu jumlah skor hasil belajar 900, rata-rata 69, daya serap 69%, ketuntasan belajar 71% menjadi jumlah skor hasil belajar 1050, rata-rata 75, daya serap 75%, dan ketuntasan belajar 86% pada siklus II. Penerapan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan Matematika.
References
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898.
Annisa, F., & Marlina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047 – 1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209
Anwar, M. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elastisitas. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 5(2). https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i2.2750. DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i2.2750
Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.528.
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.
Dini, J. P. A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620
Hajhashemi, K., Caltabiano, N., & Anderson, N. (2018). Multiple Intelligences, Motivations and Learning Experience Regarding Video-Assisted Subjects in a Rural University. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416
I Ketut Nirta. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.181
Karta, I. W., Rachmayani, I., & Rasmini, N. W. (2021). The Influence of Cooperative Learning Through Authentic Assessment-Based Jigsaw on Social Development of Early Childhood. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.34353. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.34353
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359
Maison, M., Haryanto, H., Ernawati, M. D. W., Ningsih, Y., Jannah, N., Puspitasari, T. O., & Putra, D. S. (2020). Comparison of student attitudes towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 54–61. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20394. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20394
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Moè, A., Katz, I., & Alesi, M. (2018). Scaffolding for motivation by parents, and child homework motivations and emotions: Effects of a training programme. British Journal of Educational Psychology, 88(2), 323–344. https://doi.org/10.1111/bjep.12216. DOI: https://doi.org/10.1111/bjep.12216
Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.30659/e.1.1.68-75. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.415824
Murtihapsari, M., Patandean, S. N., & Yogaswara, R. (2021). Ulasan: Keberhasilan Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 38–48. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.7996. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.7996
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878 ISSN. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 93 – 103. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760717.
Rahayu, N., W., B., Suma, K., & Arnyana, I., B., P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kooperatif JIGSAW Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Sa’adiah, H., Syaiful, S., Hariyadi, B., & Yudistira, P. (2021). Student team achievement divisions (STAD) and jigsaw learning in terms of numerical abilities: The effect on students’ mathematics learning outcomes. Desimal: Jurnal Matematika, 4(3), 247 – 260. https://doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746
Sampurna, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Edicatio, 7(4), 2116–2120. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1752.
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278. DOI: https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5. DOI: https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5
Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140
Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama.” Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661
Sunilawati, N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575
Suparlan, S. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 93 – 115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104
Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542-5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Suyasmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.