Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • I Made Astikajaya SD Negeri 2 Angseri, Baturiti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52109

Keywords:

Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Agama Hindu

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena lingkungan belajar yang diciptakan oleh guru tidak berhasil membuat siswa sebagai peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu pada siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 13 orang siswa. Pengumpulan  data hasil belajar siswa dengan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick pada siswa kelas VI dinyatakan meningkat. Hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 945, rata-rata 73, daya serap 73%, ketuntasan belajar 69%) dan siklus II (jumlah 1075, rata-rata 83, daya serap 83%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 31%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran dan membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran yang menyenangkan.

References

Alfiani, S. N. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31623.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aslami, A. D., & KHB, M. A. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363–370. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627

Asri, B. W., Nurhalim, K., & Suhandini, P. (2019). The implementation of talking stick model assisted by audio-visual media toward positive character and learning outcome. Journal of Primary Education, 8(2), 225–231. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26487.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA kelas V. Journal of Education Technology, 1(7), 183–190. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Ekaputra, P. W., Sindu, I. G. P., & Suyasa, P. W. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Agama Hindu Mengenai Sad Ripu Studi Kasus Kelas VI (Enam) SD Negeri 1 Kalibukbuk. KARMAPATI, 10(3), 259–270. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.37720. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.37720

Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322

Hira, A., & Anderson, E. (2021). Motivating online learning through project-based learning during the 2020 COVID-19 pandemic. IAFOR Journal of Education, 9(2), 93–110. https://doi.org/10.22492/ije.9.2.06. DOI: https://doi.org/10.22492/ije.9.2.06

Kusumayani, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi IPA Siswa IV SD. Pendidikan Multikultural Indonesia, 2. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805.

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Larasati, F. (2018). Student Centered Learning: an Approach To Develop Speaking Skill in Efl Classroom. English Community Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1004. DOI: https://doi.org/10.32502/ecj.v2i1.1004

Masrokhah, Utaminingsih, S., & Su’ad. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kecamatan Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 232–242. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249

Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 1(1), 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518053

Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Wahyuni, K. A., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Kelompok B TK Santa Maria Ratu Rosari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 110–119. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18765. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18838

Wardah, F., & Fitria, Y. (2021). Dampak Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kompetensi Belajar IPA pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5481–5487. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1652. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1652

Wulandari, W., & Kiswoyo, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick Berbantu Media Coper Terhadap Hasil Belajar Siswa I Materi Penjumlahan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20987. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19453

Zhang, X. (2020). Assessment for learning in constrained contexts: How does the teacher’s self-directed development play out? Studies in Educational Evaluation, 66(November 2019), 100909. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100909. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100909

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Astikajaya, I. M. . (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 499–504. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52109