Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • I Wayan Sukarsana SD Negeri 1 Perean Kangin, Baturiti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52114

Keywords:

Kooperatif Tipe TSTS, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada tes awal yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dengan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas IV dinyatakan meningkat. Hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1930, rata-rata 64, daya serap 64%, ketuntasan belajar 60%) dan siklus II (jumlah 2235, rata-rata 75, daya serap 75%, ketuntasan belajar 87%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 11% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 27%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas IV SD dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi guru maupun penelitian selanjutnya yang akan menggunakan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika, agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru.

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Anwar, M. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elastisitas. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 5(2). https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i2.2750. DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i2.2750

Apriakanti, D., Kusuma, M., & Nurhayati, M. (2020). The effectiveness of two stay two stray (TSTS) cooperative learning model in improving students’ critical thinking skills. Journal of Science Education Research, 4(1), 40–43. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34240. DOI: https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34240

Dewi, P. A. C., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2021). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Indonesian Journal of Instruction, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44511. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44511

Dharsana, G. S., & Sidabutar. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15492

Farid, A., & Sudarma, I. K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138.

Ginting, D. A., Sudarma, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 133–143. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50951. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50951

Handayani, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13904. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13904

Khusnah, A. S., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hidayat, M. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3179–3185. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1318. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1318

Leniati, B., & Indarini, E. (2021a). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts ( Two Stay Two Stray ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021b). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359

Maharani, O. P. (2016). The Effectiveness of Using Two Stay Two Stray as a Technique in Improving Students Speaking Ability (A Quasi Experimental Research at the Tenth Grade Students of SMA Taruna Nusantara Magelang in the Academic Year of 2015/2016). ELT FORUM: Journal of English Language Teaching, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/elt.v5i1.9889.

Mulyantini, N. L. D., Suranata, K., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.

Nanda, A., & Simamora, A. H. (2022). Video Pembelajaran Berbasis PMRI pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah (VIORI). Indonesian Journal of Instruction, 3(1), 42–53. https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.52101. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.52101

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885. DOI: https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885

Rahayu, M., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Enhancement of Science Learning Outcomes through Two Stay Two Stray Learning Model Assisted with Mind Mapping Media. Journal of Education Technology, 4(3). https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25688. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25688

Sujana, D. M. A., Dharsana, I. K., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137

Sunbanu, H. F, Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260.

Sunbanu, Halani Felda, Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260

Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776. DOI: https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776

Zairmi, U, Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA DI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221.

Zairmi, Ulil, Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA dI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Sukarsana, I. W. . (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 475–481. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52114