Model Pembelajaran Aktif Tipe Small Group Work untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Ni Luh Somertini SD Negeri 2 Bontihing, Kubutambahan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52124

Keywords:

Pembelajaran Aktif Tipe Small Group Work, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran kenderungan guru menerapkan metode pembelajaran dengan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran aktif tipe Small Group Work dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 27 orang siswa. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar.Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe Small Group Work pada siswa kelas VI dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1930, rata-rata 71, daya serap 71%, ketuntasan belajar 63%) dan siklus II (jumlah 2175, rata-rata 81, daya serap 81%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 30%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran aktif tipe Small Group Work pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan aktivitas siswa menjadi lebih baik.

References

Arimbawa, I. G. A., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 31. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306.

Arrosagaray, M., Gonzálezo, M., Pino, M., & Rodríguez, B. (2019). A comparative study of Spanish adult students’ attitudes to ICT in classroom, blended and distance language learning modes. Computers and Education, 134(October 2018), 31–40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016.

Buana, I. M. S., Sutriyanti, N. K., & Ni Nyoman Mariani. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Di SD Negeri 1 Canggu. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(4), 247–251.

Dachi, S. W. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Small Group Work pada Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.989.

Fadli, A., & Irwanto. (2020). The effect of local wisdom-based ELSII learning model on the problem solving and communication skills of pre-service islamic teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a.

Faraniza, Z. (2021). Blended learning best practice to answers 21 st century demands . Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012122. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122.

Hira, A., & Anderson, E. (2021). Motivating online learning through project-based learning during the 2020 COVID-19 pandemic. IAFOR Journal of Education, 9(2), 93–110. https://doi.org/10.22492/ije.9.2.06.

Jalinus, N., Verawardina, U., Azis Nabawi, R., Darma, Y., Padang, N., Hamka, J., & Tawar Barat, A. (2021). Developing Blended Learning Model in Vocational Education Based On 21st Century Integrated Learning and Industrial Revolution 4.0. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(9), 1276–1291. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i8.3035.

Jesionkowska, J., & Wild, F. (2020). Active Learning Augmented Reality for STEAM Education — A Case Study. Education Sciences, 10(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10080198.

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International: Journal of STEM Education, 5(34). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6.

Khoury, O. (2022). Perceptions of student-centered learning in online translator training: findings from Jordan. Heliyon, 8(6), e09644. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09644.

Li, X., Xie, F., Li, X., Li, G., Chen, X., Lv, J., & Peng, C. (2020). Development, application, and evaluation of a problem-based learning method in clinical laboratory education. Clinica Chimica Acta, 510(July), 681–684. https://doi.org/10.1016/j.cca.2020.08.037.

Liu, S., Hallinger, P., & Feng, D. (2016). Supporting the professional learning of teachers in China: Does principal leadership make a difference? Teaching and Teacher Education, 59, 79–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) melalui strategi belajar small group work pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 8(2), 83–89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561.

Palistini, N. L. A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 95 – 100. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.402.

Raisal, A. Y., & Suwondo, N. (2018). Effectiveness Of Active Learning Method Quiz Team Type On Student Learning Outcomes In Subject Ohm Law In SMA Negeri 1 Pundong. Indonesian Review of Physics, 1(2), 33–36. https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.716.

Rami, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Technology, 3(3), 186–189. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744.

Rapanta, C. (2021). Can teachers implement a student-centered dialogical argumentation method across the curriculum? Teaching and Teacher Education, 105. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103404.

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.519.

Sudarmi, N. L. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Berbantuan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 179–188. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575163.

Sudarmini, N. W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dan Supervisi Akademik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 249–256. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19262.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a.

Sunardi. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Snowball Throwing Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Pidekso Tahun Pelajaran 2017/2018. Elementary School, 6(2), 178 – 189. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i2.278.

Sutamin, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 181–188. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18075.

Suyadnya, I. B. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 164 – 170. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.196.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Ni Luh Somertini. (2023). Model Pembelajaran Aktif Tipe Small Group Work untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 7(1), 32–38. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52124