Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture sebagai Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu

Authors

  • I Ketut Sudana SD Negeri 1 Mekarsari, Baturiti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52130

Keywords:

Kooperatif Tipe Picture and Picture, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mekarsari semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar agama Hindu. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mata agama Hindu dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan jumlah 2020, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 39% dan siklus II  dengan jumlah 2250, rata-rata 80, daya serap 80%, ketuntasan belajar 86%. Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 47%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mekarsari semester I tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu.

References

Aiman, U. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman. Ummu Aiman, 3(1). https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-13.

Alfianto, D. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita. Jear: Journal of Educational Action Research, 5(1), 33–39. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.30338.

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070.

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682.

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.

Daryanti, & Taufina. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.

Esra Tarigan, J., & Surbakti, N. (2021). Analisis Pembuatan Media Gambar Pada Materi Penggolongan Hewan Di SD Negeri 068007 Medan Tuntungan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 226–231. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.30131.

Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8762.

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502.

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2). https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.91.

Istanti, A. W., & Triwidjaja, H. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Ipa Anak Tunagrahita SDLB. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 169–174. https://doi.org/10.17977/um029v1i22014p169-174.

M.Amin. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Picture And Picture. Aibara Journal, 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.120.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Paramita, N. M. N. W., Dharsana, I. K., & Tegeh, I. M. (2020). Kolaborasi Teknik Picture and Picture dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 25(2), 240–250. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26006.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Praseptia, D., & Zulherman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1073.

Purwatininghandayani, S., Wahyuni, A., & Azis, D. K. (2019). Penerapan pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Teacher in Educational Research, 1(1). https://doi.org/10.33292/ter.v1i1.6.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24.

Saputri, V. A., & Purwadi, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B Di Ra Taqwal Ilah Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1654.

Sari, L. K. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18.

Serani, G., Ilinawati, & Heni, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kansasi. https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.741.

Setiawan, I. M. D., & Arnawa, I. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(4), 269. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363.

Sukmawati, N. . I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19390.

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332.

Tohriah, & Rati, N. W. (2018). Penerapan Model Picture andPicture Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II. Jear: Journal of Educational Action Research, 2(4), 340–347. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16326.

Waluya, E. B., Hakim, L., & Sakti, N. C. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Insert Ekonomi Syariah dengan Intervening Kecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kota Malang. Jurnal Penelitian, 13(2). https://doi.org/10.21043/jp.v13i2.6001.

Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 60. https://doi.org/10.24036/108264-019883.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

I Ketut Sudana. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture sebagai Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52130