Artikel Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melakukan Pembelajaran Interaktif melalui Supervisi Akademik

Authors

  • Ni Wayan Darti SD Negeri 3 Peguyangan, Denpasar, Bali Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52409

Keywords:

Supervisi akademik, kemampuan guru, pembelajaran interaktif

Abstract

Kurangnya pembelajaran interaktif yang dilakukan pada pembelajarn daring berdampak terhadap semangat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran interaktif pada masa moda daring di SD Negeri 3 Peguyangan semester II tahun ajaran 2021/2022. Kegiatan penelitian ini didasarkan atas keadaan yang dihadapi sekolah yang kembali harus melaksanakan pembelajaran secara daring karena masih tingginya angka orang sakit akibat pandemi Covid-19 yang melanda Kota Denpasar. Kepala sekolah ingin memastikan pembelajaran berlangsung secara efektif dan interaktif walaupun dilakukan secara daring melalui kelas virtual. Penulis mengadakan supervisi akademik sebanyak dua kali untuk memantau pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan supervisi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran secara interaktif. Penelitian ini melibatkan 11 guru sebagai peserta. Waktu untuk melakukan kegiatan supervisi ini dari bulan Januari sampai dengan Juni 2022 dan dibagi menjadi dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan supervisi akademik telah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran interaktif hingga memperoleh katagori tinggi. Kegiatan supervisi akademik ini sangat perlu dikembangkan oleh kepala sekolah untuk memetakan kemampuan guru agar mudah mencari solusi pemecahan seandainya ditemukan permasalahan pembelajaran. Terutama meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran interaktif pada masa moda daring. Hal ini penting agar pembelajaran tetap nyata, mirip seperti luring, dan melayani siswa.

References

Ardana, P., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Az’ Zahra, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Poster Interaktif Berbasis Android Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 131–144. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066.

Desak Ketut Sitaasih. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.

Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Implementasi Kuis Interaktif Berbasis Hots Berorientasi Kearifan Lokal Daerah Melalui Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 159–173. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8174.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581.

Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690.

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.

Lawotan, Y. E. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Jurnal Pendidikan, 7(2), 10–20. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.297.

Made Sri Marheni. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Jear: Journal of Educational Action Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468.

Magdalen, M., & Sanoto, H. (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpk), 4(4). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6022.

Musyadad, V. F., Hanafiah, Tanjun, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP : Jurnal IIlmiah Lmu Pemerintahan, 5(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653.

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.

Nugraheni, W., Mulyani, S., & Ashadi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Pembelajaran Materi Pokok Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Kelas XI Mia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37756.

Nuralan, S., & Daipatama, S. T. (2020). Analisis Proses Mengajar Guru Kelas Dalam Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid - 19 Terhadap Siswa Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Tolitoli. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 47–57.

Nurkholis. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 306–312. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5612.

Nurmala. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdn 17 Rupat Melalui Supervisi Akademik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8582

Oktariyanti, D., Friman, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.

Pratiwi, R. I., & Wiarta. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. JIEMAR ( Journal of Industrial Engineering & Management Research), 2(6). https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.

Sugandi, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Dan Lesson Study. Jurnal Educational Technology, 18(1). https://doi.org/10.17509/e.v18i1.15034.

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan zoom meeting dan google classroom dalam mata kuliah inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54.

Suroya, A. E. I. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7137.

Tubagus Rahman, Nia Kurniasih, & Iis Aisyah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tabung Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253.

Ulfah, U. M., & Lukiastuti, F. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Independensi pada Kinerja Auditor Internal Pemerintah dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Tegal). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 11(1), 39. https://doi.org/10.20473/jmtt.v11i1.7620.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088.

Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Ni Wayan Darti. (2023). Artikel Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melakukan Pembelajaran Interaktif melalui Supervisi Akademik. Journal of Education Action Research, 7(1), 134–144. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52409