Upaya Meningkatkan Sikap Sosial, Efikasi Diri, dan Kemampuan Membaca Notasi Balok Siswa Kelas X dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Authors

  • Helen Clara Manua Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.53329

Keywords:

Notasi Balok, Sikap Sosial, Efikasi Diri, Kooperatif, STAD

Abstract

Beberapa masalah yang muncul dalam pembelajaran Seni Budaya adalah rendahnya kemampuan membaca notasi balok siswa, efikasi diri, serta sikap sosial dari para siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan sikap sosial, efikasi diri, dan kemampuan membaca notasi musik balok di kelas X IPA B. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas X IPA B. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah rubrik untuk mengukur sikap sosial, efikasi diri, dan kemampuan membaca notasi balok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap sosial, efikasi diri, dan kemampuan membaca notasi balok pada siswa. Nilai rata-rata sikap sosial pada siklus satu adalah 54,71, sikus dua 73,96 dan siklus tiga 80,73. Nilai rata-rata efikasi diri pada siklus satu adalah 52,17, siklus dua 72,97 dan siklus tiga 83,85. Nilai rata-rata kemampuan membaca notasi balok pada siklus satu adalah 57,24, siklus dua 83,33 dan siklus tiga 88,02. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat membantu meningkatkan sikap sosial, efikasi diri, dan kemampuan membaca notasi balok pada siswa kelas X IPA B.

 

References

Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Novilanti, F. R. E., & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. INOMATIKA (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163.

Apriana. (2020). Sikap Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kimia Sma Berbasis Reading Questioning And Answering Dipadu Creative Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(4), 3–6. http://ejournal.unwmataram.ac.id/JIPS/article/view/372

Aryanti, Y., & Widodo, E. (2020). The Effectiveness of Student Team Achievement Divisions (STAD) Cooperative Learning in Science Learning on Analysis Skills and Social Skills. JSER (Journal of Science Education Research), 4(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34237.

Bagiani, P. C. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru-Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan Supervisi Akademik. Journal of Education Action Research, 4(4), 501–507. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28647.

Briyandewi, S., Sushartami, W., & Simatupang, G. (2020). Peran Notasi Balok dalam Pembelajaran Biola di Lembaga Kursus Musik (Studi Kasus Pembelajaran Lagu Klasik dan Pop di Jogja Music School). SORAI (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik), 13(2), 164. https://doi.org/10.33153/sorai.v1312.3370.

Budiyono, S., & Ngumarno. (2019). Improving student learning achievements through application of the student teams achievement divisions (STAD) method. Journal Of Applied Studies In Language, 3(2), 140 – 147. https://doi.org/10.31940/jasl.v3i2.1370.

Fiyanto, A. (2018). Pemanfaatan Seni Kolase Sebagai Produk Kreatif Untuk Pengembangan Karya Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Fbs Unnes. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 10(2), 158–172. https://doi.org/10.33153/bri.v10i2.2329.

Hong, S. (2021). The Relationship between Musical Aptitude, Self-efficacy, and Achievement of Elementary School Pre-service Teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(9), 174–191. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.9.10.

Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif dan Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108

Krismawati, N. K. A., & Manuaba, I. S. (2022). Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517.

Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1293.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Muftakim, H., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Kerja Sama Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 248–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.5150347

Mujahid, Suhaya, & Permana. (2022). Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Bermain Alat Musik Angklung di Kelas X IPA 2 MAN 1 Kragilan. MANTRA (Jurnal Musik Tari Teater & Rupa, 1(1), 75.

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903.

Pradevi, A. F., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.269.

Putra, S. Z. P. ., Nurasiah, I., & Maula, L. H. (2020). Penerapan Model Students Teaching Achievement Division untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Angka di Kelas Tinggi. UMMI (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Teknologi), 13(2), 89–96. https://doi.org/10.37150/ummi.v13i2.534 .

Riananda, N. & L. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology, 1(20), 23. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1137.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.

Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268.

Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826.

Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 1067–1075. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2542/http.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.

Suryani, L., Pendi, A., & B. Seto, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17–26. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6010.

Syamsuddin, A., & Babo, R. (2021). Mathematics Learning Interest of Students Based on the Difference in the Implementation of Model of Thematic Learning and Character-Integrated Thematic Learning. European Journal of Educational Research, 10(2), 581–591. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.2.581.

Wasiso, A, J., Sukardi, S., & Winarsih, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Sosial terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpipjip.v13i1.23590.

Widati, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Budaya Dengan Lkpd Digital. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.502.

Winarti, S. (2022). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JEAR (Journal of Education Action Research), 6(2), 146–152. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.44635.

Windra, I. M. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Journal of Education Action Research, 4(3), 286–292. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27190.

Zarza-Alzugaray, F, J., Casanova, O., McPherson, G. ., & Orejudo, S. (2020). Music Self-Efficacy for Performance: An Explanatory Model Based on Social Support. Frontiers in Psychology, 11, 1249. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01249.

Zianidar, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1365–1376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.927.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Manua, H. C. (2023). Upaya Meningkatkan Sikap Sosial, Efikasi Diri, dan Kemampuan Membaca Notasi Balok Siswa Kelas X dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Journal of Education Action Research, 7(2), 243–250. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.53329

Issue

Section

Artikel