Analisis Metode Resitasi Bercerita Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Materi Meneladani Kisah Ashabul Kahfi

Authors

  • Umi Nadhiroh MTsN 1 Mojokerto, Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.53595

Keywords:

Media Gambar, Metode Resitasi, Prestasi Belajar

Abstract

Salah satu cara agar tujuan pembelajaran tercapai adalah penggunaan metode dan media belajar yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif pada kegiatan belajar mengajar. Namun, para pendidik masih menerapkan metode yang kurang efektif dalam mengaktifkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan belajar siswa pada materi Ashabul Kahfi menggunakan metode resitasi bercerita dengan media gambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 36 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, data tentang kegiatan pembelajan. Hasil Penelitian menunjukkan Penggunaan media gambar dan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Ashabul Kahfi. Hal ini dibuktikan dari proses belajar siswa kelas VII, diperoleh hasil rata-rata awal sebesar 52,57 kemudian setelah dilakukan penelitian pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 72,64 atau meningkat 38,18 %. Pada siklus II hasil observasi menunjukkan peningkatan sebesar 82,65 atau 57,21%. Maka, metode resitasi bercerita dengan media gambar pada materi Ashabul Kahfi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan metode resitasi dapat dijadikan salah satu alternatif mengajar oleh guru dalam proses pembelajaran serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan prestasi atau hasil belajar.

References

Alawiyah, S. (2021). Metode Resitasi dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Teks Editorial di Masa Pandemi Covid 19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.264.

Ali, M. M. (2021). Relevansi dan Efektivitas Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 174–188. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.181

Alimuddin, A. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Metode Penugasan dan Resitasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertamna di Balikpapan. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i1.3123

Amin, A., Lestari, M., & Faaris, M. (2022). Implementation of Learning of The Akidah Akhlak In The Character of Loving The Country A . Introduction. 21(1), 25–33. https://doi.org/10.29300/atmipi.v21.i1.8173.

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.

Anggraini, G., Muhibbin Syah, Asep Nursobah, & Bambang Samsul Arifin. (2022). Integration of Islamic Religion and Character Education with Environmental Education at Adiwiyata Junior High School. Journal of Sosial Science, 3(2), 341–352. https://doi.org/10.46799/jss.v3i2.299.

Astutik, A. R., Putri, D. M., Masruroh, M., Alfariza, S. A., & Fauzi, I. (2022). Integration of Islam and Science Through the Recitation Learning Method: A Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 17. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i1.970.

Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online Assessment of Islamic Religious Education Learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 60–76. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.114.

Baitu, M., & Pane, L. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi/Penugasan dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batu Atas. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1), 48–62.

Denissaputra, & Ahmad Ma’ruf. (2020). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Prestasi Hasil Belajar Pendidikan Aswaja Nahdlatul Ulama. Jurnal Mu’allim, 2(2), 139–157. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2259.

Diana Sari, N. L. S., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.

Ekka, P. M. (2021). A review of observation method in data collection process. IJRTI International Journal for Research Trends and Innovation, 6(12), 17–19.

Erniati, E., & Lobud, S. (2022). Penerapan Metode Resitasi Melalui Luring Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Negeri 1 Donggala. Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu, 1, 277. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1081.

Fadli, A., & Irwanto. (2020). The effect of local wisdom-based ELSII learning model on the problem solving and communication skills of pre-service islamic teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a.

Fatimatuzzahroh, I., & Parno, P. (2022). Needs Analysis of Class XII Students of MA Raudlatul Ulum on the Development of a Recitation Program as an Interactive Learning Media on Magnetic Field Material. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(1), 90–96. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i1.3508.

Gogoi, P. (2020). Application of SPSS Programme in the Field of Social Science Research. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(5), 2424–2427. https://doi.org/10.35940/ijrte.d9260.018520.

Halik, A., & Yusfira, Y. (2019). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wajo. Istiqra’, 7(1), 3–4. http://repository.iainpare.ac.id/1093/.

Hartawan, I. M. (2022). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 93–98. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.45773.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308.

Khairunnisah. (2019). Efektifitas Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Raudlatusshibyan Nw Belencong Tahun Ajaran 2018/2019. Proseding Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, 1, 1–7.

Kwon, S., Janz, K. F., Letuchy, E. M., Burns, T. L., & Levy, S. M. (2016). Parental characteristic patterns associated with maintaining healthy physical activity behavior during childhood and adolescence. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 13(58). https://doi.org/10.1186/s12966-016-0383-9.

Łątkowski, M. (2021). Remote qualitative interviews. Journal of Education Culture and Society, 12(1), 202–211. https://doi.org/10.15503/jecs2021.1.202.211.

Lusden Samosir. (2021). Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD). CAKRAWALA ILMU Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 45–53. https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/301.

Muhtadi, A., Mulyoto, M., & Hasyim, D. (2022). Development of an Evaluation Model for Islamic Religious Education and Character Education (PAI-BP) at The High School Level: Between Urgency and Effectiveness. Journal Research of Social, Science, Economics, and Management, 1(9), 1525–1544. https://doi.org/10.36418/jrssem.v1i9.148.

Munasiroh, L. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XII di MA Ma’arif Klego TA 2020/2021. 67. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17473.

Ningsih. (2021). Hubungan Media Pembelajaran dengan Peningkatan Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Iptek Sengkol Tangerang Selatan. Tarbawai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(01), 77–92.

O’Flaherty, J., & Liddy, M. (2018). The Impact of Development Education and Education for Sustainable Development Interventions: a systhesis of the research. Environmental Education Research, 4(7), 1031–1049. https://doi.org/10.1080/13504622.2017.1392484.

Parini, P. (2022). Application of Cai Method in Tajwid Science Learning Media Applications Multimedia Based. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 8(2), 203–208. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v8i2.1595.

Rahman, A., & Muktadir, M. G. (2021). SPSS: An Imperative Quantitative Data Analysis Tool for Social Science Research. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(10), 300–302. https://doi.org/10.47772/ijriss.2021.51012.

Ritanuja. (2021). Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPL Pada Pelajaran Agama Islam Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah di SMK Negeri 4 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 9(10), 1963–1972.

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631.

Safitri, Y. (2022). Edusifa : Jurnal Pendidikan Islam Edusifa : Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6, 48–67. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v3i3.432.

Siboro, A., Sianturi, T. A., Ndruru, S., & Sitompul, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pembelajaran Fisika Siswa Kelas IX MTSN 3 Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3, 33–42. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/451.

Suci Lestari, I. A. P. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 58. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398.

Susilawati, S., & Turdjai. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Berbasis E-Modul Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.33369/diadik.v8i2.17462.

Sutejo, M. M., & Sulisawati, D. N. (2021). Application of the Recitation Method to improve Analytical Thinking Ability and Learning Outcomes. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 82–87. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.52.

Sutrisna, S., Normawati, N., & Lasawali, A. A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak ii Madrasah Aliyah DDI Bonde. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 63–69. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1573.

Tonaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468.

Wibowo, D. C., Friana, F., & Pelipa, E. D. (2018). Effect of Recitation Method to the Students’ Interest and Learning Results. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.30605/jsgp.1.1.2018.22.

Widiana, W. (2022). Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925.

Yolanda, E. (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PERAWATAN PAYUDARA DI BPM CITRA INSANI SEMARANG TAHUN 2020. Universitas Ngudi Waluyo.

Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4.

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pengelolaan LKP Pada Masa Pandemik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1). https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22.

Yusupova, G. ., Podgorecki, J., & N.G, M. (2019). Educating Young People in Multicultural Educational Environment of Higher Education Institution. International Journal of Environmental and Science Education, 10(4), 561–570. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.270a.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Nadhiroh, U. . (2023). Analisis Metode Resitasi Bercerita Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Materi Meneladani Kisah Ashabul Kahfi. Journal of Education Action Research, 7(2), 152–159. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.53595

Issue

Section

Artikel