Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Authors

  • Annisa Algivari Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.53917

Keywords:

Ice Breaking, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar

Abstract

Metode pembelajaran pada siswa sekolah dasar yang masih dengan cara metode ceramah dan membosankan bagi para siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis teknik Ice breaking pada pembelajaran tematik siswa pada sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data dari Miles and Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah tahap penarikan kesimpulan / verifikasi Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penerapan teknik Ice breaking pada pembelajaran tematik sudah dilakukan pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran, sehingga menjadikan situasi pembelajaran menjadi menyenangkan dan dapat membuat siswa mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dikelas. Simpulan penelitian menunjukkan teknik ice breaking dapat digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini guru dapat menerapkan teknik ice breaking dalam kegiatan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi menyenangkan.

References

Baka, A., Laksana, D. N. ., & Dhiu, K. D. (2018). Konten dan konteks budaya lokal Ngada sebagai bahan ajar tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Desmidar, D., Ritonga, M., & Halim, S. (2021). Efektivitas ice breaking dalam mengurangi kejenuhan peserta didik mempelajari Bahasa Arab. Humanika, 21(2), 113 – 128. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.41941. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.41941

Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283.

Dewi, N. L. F., Wiarta, I. W., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) Dipadukan dengan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.

Dini, J. P. A. U. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Huw, J., Griffiths, Anker, P., Linse, K., Maxwell, J., Maxwell, J., Post, A. L., Stevens, C., Stevens, C., Tulaczyk, S., & Smith, J. A. (2021). Breaking All the Rules: The First Recorded Hard Substrate Sessile Benthic Community Far Beneath an Antarctic Ice Shelf. FRONTIERS IN MARINE SCIENCE, 8. https://doi.org/10.3389/fmars.2021.642040. DOI: https://doi.org/10.3389/fmars.2021.642040

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792

Kristanto, R., Sudarwanto, S., & Kurniawati, W. (2020). Public speaking serta teknik ice breaking dan mc sebagai upaya pengajaran yang menarik. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.734. DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.734

Mahendra, I. G. R., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2021). Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 242–249. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36038.

Maisah, S. (2019). Implementasi Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Non-Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 93–118. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v8i1.4718. DOI: https://doi.org/10.24235/ibtikar.v8i1.4718

Mustika, D. (2017). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 7(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7230

Myland, D., & Ehlers, S. (2016). Influence of bow design on ice breaking resistance. Ocean Engineering, 119, 217–232. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2016.02.021. DOI: https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2016.02.021

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(11), 1448—1456. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Pratama, H., Maduretno, T. W., & Yusro, A. C. (2021). Online Learning Solution: Ice Breaking Application to Increase Student Motivation. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(1), 117–125. https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289 DOI: https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289

Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dengan Selingan Ice Breaker terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 312–320. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16147. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16147

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Ren, H., & Zhao, X. (2022). Numerical simulation for ice breaking and water entry of sphere. Ocean Engineering, 243, 110198. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2021.110198. DOI: https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2021.110198

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345

Setiawan, Adib Rifqi. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28 DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676 DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.278

Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892

Takacs, Z. K., Swart, E. K., & Bus, A. G. (2015). Benefits and Pitfalls of Multimedia and Interactive Features in Technology-Enhanced Storybooks: A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 85(4), 698–739. https://doi.org/10.3102/0034654314566989 DOI: https://doi.org/10.3102/0034654314566989

Utami, D. A. P., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 20(2), 1–18. https://doi.org/10.12345/lentera.v12i2.463.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Wang, X., Li, S., Long, X., & Lin, C. (2021). Ice-breaking performance sensitivity of the polar icebreaker to structure, control and ice parameters under different prediction models. Ocean Engineering, 236, 109453. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2021.109453. DOI: https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2021.109453

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Algivari, A., & Mustika, D. . (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433–439. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.53917