Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time Token

Authors

  • Siti Mariah Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Yopi Nisa Febianti Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Maya Dewi Kurnia Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54222

Keywords:

Keaktifan Siswa, Pembelajaran Cerita Pendek, Model Time Token

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model Time Token sebagai model pembelajaran yang akan menstimulasi keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran cerpen menggunakan model Time Token. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 36 siswa kelas XI, dengan siswa laki–laki berjumlah 14 siswa dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 19,16%. Pada aktivitas aktif terjadi peningkatan sebesar 10,33%. Pada aktivitas aktif menjawab guru terjadi peningkatan sebesar 20,8%. Pada aktivitas aktif menjawab saat diskusi terjadi peningkatan sebesar 11,11%. Pada aktivitas konsentrasi saat pelajaran terjadi peningkatan 22,92%. Pada aktivitas aktif mengerjakan tugas peningkatan sebesar 13,76%. Pada aktivitas membuat catatan saat pelajaran peningkatan sebesar 21,56%. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas XI IPS 3 pada pembelajaran Teks Cerpen di Sekolah Menengah Atas.

References

Artawan, I. P., Arini, N. W., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Proses Mengomunikasikan Dalam Model Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(2), 111-118. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21715.

Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357–366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.703.

Damayanti, U., Bahar, A., & Rohiat, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 09 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. ALOTROP, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13693.

Harefa, D. (2020). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token . Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.

Idrus, F. S. A. (2011). Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Iqbal, R., & Mustika Dewi, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p.

Lestari, Sri, Ani Rakhmawati, & Muhammad Rohmadi. (2016). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal BASASTRA, 4(1), 183–202.

Marjuki. (2020). 181 Model - Model Pembelajaran Paikem Berbasis Saintifik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika Dalam Cerpen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Nurwati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Tridharma MKGR Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(3), 236-243. https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.209

Paksi, G. R.. (2022). Time Token Arends: Sebuah Strategi Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Kelas. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 345-352. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1657.

Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Time Token Arends dengan Media Audio Visual. Joyful Learning Journal, 3(1), 31–37.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137–144. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Purwanto, N. (2013). Prinsip - Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059.

Sani, I. K. B. (2016). Ragam Pengembangan Model pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291.

Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076–4084. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1289.

Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 78–85. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.259.

Sinar. (2018). Metode Active Learning:Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Siregar, R. Maisaroh Rezyekiyah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMK Negeri 2 binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Math Education Nusantara, 2(1), 35–38.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya (1st ed.; F. Hutari, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195-202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908.

Surani, Sukmawati, Suryani. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1-12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12676

Supardi, S. A. S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.

Syambasril, S. U. (2014). Buku Ajar Program Pengalaman Lapangan. Pontianak: FKIP UNTAN.

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Tujuan SM3T. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153-160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Mariah, S. ., Febianti, Y. N., & Kurnia, M. D. . (2023). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time Token. Journal of Education Action Research, 7(2), 222–230. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54222

Issue

Section

Artikel